Find Us On Social Media :

Cara Pengelolaan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengunjungi Yunani Meski Sedang Krisis

By Arnaldi Nasrum, Minggu, 12 Juli 2015 | 08:00 WIB

Cara Pengelolaan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengunjungi Yunani Meski Sedang Krisis

Intisari-Online - Adanya krisis ekonomi yang terjadi di Yunani bukan berarti menjadi halangan untuk melakukan kunjungan ke negeri para dewa tersebut. Asalkan kita cermat mengelola keuangan dan membuat persiapan tentu saja kunjungan tersebut bisa jadi menyenangkan. Nah berikut hal yang perlu diperhatikan terkait pengelolaan keuangan sebelum berkunjung ke Yunani meski sedang mengalami krisis:

Asuransi

Memilih untuk memiliki asuransi saat melakukan perjalanan adalah hal yang tepat. Ini untuk mengantisipasi gangguan selama perjalanan terutama ke negara yang rentan seperti Yunani sekarang ini. Meski begitu ini lebih berkaitan dengan gangguan perjalanan pada umumnya seperti kehilangan bagasi. Namun, asuransi ini juga mungkin menolong kita dari akibat krisis ekonomi di sana.

Namun, Christopher Elliott, seorang penulis buku mengungkapkan, asuransi yang mampu menjamin seluruh perjalanan kita adalah diri kita sendiri. Kita harus cermat termasuk memilih untuk membatalkan perjalanan dengan alasan yang sangat pasti.

Mengelola Keuangan

Untuk menghindari krisis arus kas langsung, Jason Cochran, Editor Frommers.com menyarankan untuk menghindari transaksi bank di Yunani. Hal ini disebabkan karena adanya pembatasan dan pengurangan jam kinerja. Ini berarti, kita harus membawa euro yang cukup sebelum tiba di sana. Kita juga mungkin bisa mengandalkan kartu kredit.

Tidak semua tempat akan menerima American Express. Oleh karena itu disarankan agar lebih baik menggunakan Visa dan MasterCard sebagai gantinya. Kita juga tentunya akan kesulitan untuk menggunakan kartu ATM ketika berada di sana.

Buat rencana ke depan

Bagi mereka yang akan melakukan kunjungan yang cukup lama, sebaiknya buat rencana yang detil. Yunani bisa saja menjadi destinasi perjalanan yang murah. Perlu dicatat, krisis yang terjadi di Yunani telah mendorong nilai dolar yag kemudian memberikan manfaat kepada wisatawan terutama dari AS ataupun pemegang dollar AS untuk mengunjungi Eropa.

“Jika Yunani memang keluar dari euro maka hal tersebut bisa saja membuat nilai uang Yunani akan turun sehingga membuatnya menjadi destinasi yang sangat murah,” kata Gabe Saglie, senior editor Travelzoo.com.