Penulis
Intisari-Online.com - Harga sebuah mobil tentu saja salah satunya bergantung pada promosi yang dilakukan. Dengan adanya media sosial, promosi tersebut tampaknya semakin mudah. Bahkan, sekedar mempublikasikan gambar sebuah mobil dapat mempengaruhi harga jualnya. Apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh orang-orang terkenal atau yang memiliki relasi yang banyak di media sosialnya.
Bagi para kolektor mobil mewah dan antik, sebuah gambar tentu saja tidak hanya bermakna seribu kata. Namun lebih dari itu. Gambar tersebut dapat mendatangkan uang ratusan juta. Tentu saja gambar tersebut digunakan untuk meningkatkan harga jual kendaraan antik yang dimilikinya. Media sosial memang efektif untuk membuat harga mobil tua melonjak.
Hal ini ternyata dianalisis oleh Black Book yang menemukan, media sosial seperti Instagram ternyata membantu menaikkan harga jual mobil.
Selain itu, Bloomberg dalam temuannya melaporkan bahwa dari tahun 1977 sampai 2008, tiga mobil paling ikonik di dunia yakni Aston Martin DB5, Ferrari 250 GTL, dan Mercedes-Benz 300SL Gullwing mengalami peningkatan harga sebesar 5% per tahun. Setiap tahunnya sejak 2008, mobil-mobil tersebut telah mengalami peningkatan sebesar 60%.
Peningkatan ini juga tentunya disebabkan karena kondisi ekonomi yang membaik. Meski begitu Bloomberg menegaskan, foto yang diunggah ke Facebook dan situs sosial lainnya oleh selebriti terkenal dan kaya memang memicu lonjakan harga mobil.
Jadi jika mobil antik Anda hendak dijual dan ingin mendapatkan keuntungan yang besar, mungkin ada baiknya untuk meminta para artis beken untuk mempublikasi gambar mobil Anda. Setidaknya itu akan membantu membuat mobil Anda dilirik. (time.com)