Find Us On Social Media :

Berikut Cara Memulai Bisnis tanpa Harus Berhenti Bekerja

By Arnaldi Nasrum, Selasa, 28 Juli 2015 | 13:30 WIB

Berikut Cara Memulai Bisnis tanpa Harus Berhenti Bekerja

Intisari-Online.com - Tidak sedikit dari kita yang ingin memulai sebuah bisnis. Selain untuk menambah pendapatan, seseorang juga ingin merasakan suasana baru ketika menjalankan bisnis tersebut. Namun, karena sibuk dengan segala pekerjaan, maka keinginan itu bisa saja terhambat terutama bagi mereka yang bekerja dari pagi hingga sore. Berikut cara memulai bisnis tanpa harus berhenti bekerja.

Pahami Perjanjian Kerja

Penting untuk mengetahui perjanjian kerja yang telah ditandatangani dengan bagian HRD dari perusahaan tempat kita bekerja saat ini. Kita harus memastikan perjanjian tersebut tidak memiliki larangan untuk memulai bisnis sendiri. Hal lain yang perlu diperhatikan, kita perlu menemukan pasar yang berbeda dengan perusahaan tempat kita sedang bekerja. Ini penting untuk menemukan klien baru. Hal ini diungkapkan Crystal Stranger, konsultan start up dan sekaligus penulis The Small Business Tax Guide.

Mengatur waktu

Jika kita memiliki jam kerja yang lama sebaiknya kita harus mengatur jadwal. Kebanyakan orang memiliki jam kerja dari pagi hingga sore bahkan malam. Jika kita tidak memiliki waktu, tentu saja bisnis yang dimulai tidak berjalan. Bill Fish, seorang pengusaha, menemukan kesuksesannya ketika mendirikan sebuah perusahaan pemasaran online, Text Link Ads (sekarang dikenal sebagai Matomy SEO) pada tahun 2001. Pada saat itu, ia menghabiskan waktu luangnya di Austin, Houston dan Texas untuk mengurus start up-nya. Hal ini biasanya dilakukan pada malam hari.

Mencari klien

Salah satu hal penting ketika ingin memulai sebuah bisnis adalah mencari klien. Perlu diingat, mencari klien akan membantu membangun arus kas kita. Seringkali, tempat terbaik untuk memulainya adalah pada perusahaan kita saat ini. “Saya memiliki banyak klien yang mampu mengubah pekerjaan mereka menjadi konsultan dan mendapatkan bayaran seperti 1099 pekerja,” kata Stranger.

Sisihkan pendapatan

Jika kita memiliki pendapatan yang melebihi kebutuhan termasuk gaji rutin kita, maka sebaiknya uang tersebut ditabung. Tidak sedikit dari kita yang menghabiskan uang ketika memliki pendapatan esktra. Bill Fish menyarankan agar menabung semua pendapatan tersebut. Ketika membangun Text Link Ads, ia dan rekannya menggunakan biaya tersebut untuk melakukan investasi kembali pada start upnya. "Usahakan tidak mengambil sepeser pun dari keuntungan bisnis selama 12 bulan,” katanya.

(Time)