Find Us On Social Media :

Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga: Bisnis yang Berbasis Penulisan

By Arnaldi Nasrum, Jumat, 7 Agustus 2015 | 06:00 WIB

Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga: Bisnis yang Berbasis Penulisan

Intisari-Online.com - Seorang ibu rumah tangga tentu sangat senang ketika mampu menjalankan sebuah bisnis rumahan. Ini terutama bagi mereka yang memiliki waktu luang dan masih bersemangat untuk memulai sebuah usaha. Selain dapat mengisi waktu, bisnis tersebut juga dapat memberikan pendapatan yang nanti dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga atau sekedar untuk tabungan. Berikut bisnis rumahan yang dapat dilakukan ibu rumah tangga.

Blogging

Meski di dunia internet sudah banyak ibu yang melakukan blogging, namun ini tidak berarti kita membatasi diri untuk turut bergabung di blog. Salah satu hal penting ketika ingin mendapatkan uang dari blogging adalah dengan memilih topik yang menarik dan menulis sesuai dengan passion kita. Kunci kesuksesan blogging adalah menyediakan bacaan yang membuat orang tertarik untuk membacanya, menemukan pasar, dan meningkatkan intensitas menulis dalam blog tersebut.

Freelance  Copywriting

Dari semua jenis tulisan, copywriting adalah yang paling menguntungkan. Jika kita pandai menggunakan kata-kata untuk mempengaruhi seseorang melakukan sesuatu seperti ajaka untuk membeli, maka ini adalah bisnis yang sangat tepat. Freelance copywriting termasuk dalam penulisan surat penjualan, brosur, deskripsi produk atau layanan, siaran pers dan hal berkaitan yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis.

Freelance article writing

Menulis untuk sebuah majalah dapat memberikan pendapatan yang besar meski terkesan sulit untuk melakukannya. Namun, sejumlah media seperti majalah dan blog memerlukan konten yang berkualitas sehingga akan membayar seseorang untuk membuatnya. Kita mungkin tidak akan mendapatkan bayaran seperti penulis utama majalahnya, namun hal tersebut akan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam penulisan dan akan memudahkan kita untuk penulisan selanjutnya.

Ghostwriting

Para selebriti dan profesional selalu memiliki cerita yang unik dan menghibur untuk dipublikasikan. Sayangnya, tidak semua dari mereka memiliki kemampuan menulis. Karena itu, banyak dari mereka yang mempekerjakan ghostwriters untuk menuliskan ceritanya. Hal ini akan sangat menguntungkan ketika kita dapat melakukannya. Biasanya untuk menjadi ghostwriter kita perlu memiliki pengalaman sebagai penulis yang karyanya sudah banyak dipublikasikan.

Menulis buku

Amazon adalah salah satu penerbit buku yang memberikan kesempatan yang besar bagi para penulis agar karyanya dicetak. Ia juga telah memberikan platform bagi para penulis untuk menerbitkan buku-buku mereka tanpa penerbit tradisional. Perlu dipahami, tantangan dalam menghasilkan uang melalui penulisan buku sama halnya dengan blogging: perlu konten yang menarik, menemukan pasar Anda, dan memastikan buku kita telah diketahui oleh banyak orang.

(about.com)