Find Us On Social Media :

Sebelum Memulai Bisnis Rumahan, Anda Sebaiknya Memperhatikan Hal Berikut

By Arnaldi Nasrum, Senin, 10 Agustus 2015 | 15:00 WIB

Sebelum Memulai Bisnis Rumahan, Anda Sebaiknya Memperhatikan Hal Berikut

Intisari-Online.com - Salah satu kelebihan dari bisnis rumahan adalah kita dapat menentukan jam kerja sendiri. Tidak hanya itu, kita juga dapat membuat aturan sendiri tanpa ada tekanan dari pimpinan. Makanya, tidak sedikit orang yang memilih untuk beralih ke bisnis rumahan. Namun, untuk memulainya pun sebenarnya tidak mudah. Dibutuhkan persiapan agar bisnis rumahan nantinya dapat berjalan lancar. Nah sebelum memulai bisnis rumahan, Anda sebaiknya memperhatikan hal berikut.

Memiliki ruang kerja

Hal pertama yang dilakukan untuk memulai bisnis rumahan adalah memilih salah satu ruangan untuk dijadikan tempat kerja. Banyak pengusaha sukses memulai bisnis mereka di meja dapur atau kamar tidur. Kita bisa menyesuaikan kebutuhan kerja dengan ruangan yang kita pilih nantinya. Yang menyenangkan dari hal ini adalah kita dapat bekerja dan melakukan hal-hal pribadi dalam waktu bersamaan.

Punya rencana

Apakah Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan saat duduk di meja Anda? Inilah pentingnya rencana. Anehnya, masih banyak orang yang perlu menyesuaikan diri dan mencari tahu apa yang perlu dilakukan. Memiliki rencana akan menjamin kita untuk  tahu tugas apa yang perlu diselesaikan dan mengukur kesuksesan ke depannya.

Buat jadwal dan menaatinya

Beberapa bisnis rumahan memang tidak perlu jadwal tetap karena bersifat fleksibel. Namun yang lainnya, ada yang membutuhkan jadwal. Mengatur jam kerja tetap akan membuat kita tetap fokus pada tugas dan menghindari gangguan yang bisa saja muncul. Yang perlu dilakukan adalah, setelah membuat jadwal, kita harus menaatinya.

Menetapkan batas

Tetangga, teman dan keluarga sering tidak memahami bahwa bisnis rumahan sama pentingnya dengan pekerjaan yang dilakukan di kantor. Akibatnya mereka akan meminta kita melakukan sesuatu, mengundang makan siang dan menelepon untuk sekedar mengobrol. Biarkan mereka tahu jadwal kita dan minta mereka untuk memahami hal itu.

Menghindari distraksi

Beberapa gangguan seperti jadwal dan pengaturan batas waktu memang dapat diatasi. Namun distraksi lainnya seperti anak-anak, hewan peliharaan, TV dan kenyamanan sofa yang sempurna untuk tidur siang bisa saja sulit untuk diatasi. Oleh karena itu kita harus mengantisipasi dengan membuat langkah antisipatif seperti memasukkan anak dalam kelompok bermain saat kita sedang bekerja.

Bersenang-senang dan menikmati kebebasan kita

Memiliki bisnis rumahan adalah bagian dari pekerjaan. Bedanya, kita tidak memiliki bos. Semakin kita menikmati pekerjaan maka kita semakin cepat menyesuaikan diri dengan bisnis rumahan ini. Kadang-kadang bekerja di rumah bisa membosankan. Makanya, kita harus menikmati kebebasan bekerja di rumah sendiri.

(about.com)