Find Us On Social Media :

Lakukan Hal Berikut agar Pengeluaran Bisnis Rumahan Menjadi Murah (1)

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 12 Agustus 2015 | 10:00 WIB

Lakukan Hal Berikut agar Pengeluaran Bisnis Rumahan Menjadi Murah (1)

Intisari-Online.com - Bisnis rumahan adalah salah satu bisnis yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Semua aktivitas bisnis dapat kita lakukan di rumah sendiri termasuk mengatur jam kerja. Selain itu, jika di sebuah kantor kita cenderung untuk mengeluarkan banyak biaya untuk operasional, maka ini bisa saja berbeda dengan bisnis rumahan. Bisnis yang dijalankan di rumah dapat membuat kita mengeluarkan biaya yang murah namun keuntungan yang didapatkan akan membuat dompet berisi. Nah, lakukan hal berikut agar pengeluaran bisnis rumahan menjadi murah namun pendapatan tetap lumayan.

Hemat Energi

Karena bisnis ini dilakukan di rumah, maka penggunaan energi dapat disiasati. Hal yang dilakukan adalah melakukan audit dari penggunaan energi termasuk listrik, air dan sebagainya. Kita bisa menggunakan energi dari alam dengan memilih ruang kerja yang tepat. Misalnya kita dapat menggunakan cahaya alami. Jika memang harus menggunakan lampu listrik, kita bisa memakai lampu LED. Penggunaan AC juga dapat kita efektifkan. Bahkan, kita bisa membeli pelindung gelombang hemat energi yang dapat mengurangi penggunaan daya listrik ketika sebuah peralatan sedang tidak digunakan.

Makan sehat

Makan di restoran atau public store memang lebih mahal dibandingkan dengan memasak sendiri. Karena kita bekerja di rumah, maka kita dapat membuat makanan sendiri dengan harga yang lebih terjangkau. Yang terpenting adalah, kita bisa menjamin makanan tersebut sehat dan bergizi. Bahkan untuk makan bersama para karyawan pun akan lebih mudah karena bisa dipersiapkan bersama-sama.

Beli apa yang dibutuhkan

Aturan yang harus diingat adalah kita sebaiknya membeli apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan. Ketika bekerja di kantor, seseorang akan sangat senang berkunjung ke toko kantor. Hal ini cenderung akan membuat kita menghabiskan banyak uang ketika melihat sesuatu yang menarik. Barang itu pun belum tentu akan digunakan. Oleh karena itu, jangan terganggu dengan barang yang mengkilap.

Dapatkan harga gratis atau dengan diskon

Jika kita membutuhkan sesuatu, maka upayakan untuk mendapatkannya dengan gratis atau setidaknya dengan harga diskon. Namun yang terpenting untuk diperhatikan adalah kualitas barang tersebut. Misalnya, jika  kita membutuhkan meja komputer baru, maka usahakan untuk memeriksa Freecycle atau bonus yang ditawarkan. Kita bisa saja mendapatkan beberapa software yang akan sangat berguna nantinya seperti Word atau Photoshop. Ada banyak perlengkapan dan layanan yang bisa didapatkan secara gratis.

 (about.com)