Find Us On Social Media :

Pakai Pocong Hingga Beduk Perang, Ternyata Begini Tradisi Membangunkan Sahur Di Indonesia

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 23 Maret 2023 | 15:13 WIB

Beragam cara orang Islam di Indonesia membangunkan sahur saudaranya sebelum menjalankan ibadah puasa. Dari pocong hingga beduk.

Beragam cara orang Islam di Indonesia membangunkan sahur saudaranya sebelum menjalankan ibadah puasa. Dari pocong hingga beduk.

Intisari-Online.com - Sahur merupakan aktivitas makan atau minum yang dilakukan di pagi hari menjelang puasa di bulan Ramadan.

Sahur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan rohani, seperti menjaga stamina, menambah energi, menghindari dehidrasi, dan meningkatkan konsentrasi.

Namun, tidak semua orang mudah bangun sahur karena terbiasa tidur hingga pagi hari atau merasa malas untuk makan di waktu subuh.

Untuk itu, ada beberapa tradisi unik dan beragam yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk membangunkan sahur.

Tradisi membangunkan sahur di Indonesia biasanya melibatkan alat-alat musik tradisional atau barang-barang bekas yang dibuat bising untuk menarik perhatian warga agar bangun dari tidurnya.

Selain itu, ada juga tradisi yang menggunakan lagu-lagu daerah atau nasional sebagai pengiring.

Berikut adalah beberapa contoh tradisi membangunkan sahur di Indonesia yang saya rangkum dari berbagai sumber:

Ngarak Beduk:

Tradisi khas suku Betawi di Jakarta yang menggunakan beduk, genta, rebana, dan genjring untuk membangunkan sahur sambil berjoget dan menyanyikan lagu-lagu daerah seperti “Ondel-Ondel” atau “Jali-Jali”.

Tradisi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan bertujuan untuk menghibur warga serta mengingatkan mereka akan budaya Betawi.

Koko’o Suhuru: