Find Us On Social Media :

Begini Cara Menghadapi Lingkungan Sosial yang Membuat Kita Boros

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 19 Agustus 2015 | 07:00 WIB

Begini Cara Menghadapi Lingkungan Sosial yang Membuat Kita Boros

Intisari-Online.com – Salah satu faktor yang mempengaruhi rencana keuangan seseorang adalah lingkungan sosial. Dimulai dari teman, pasangan hingga keluarga sendiri. Tidak jarang dari mereka mengajak untuk melakukan hang out bersama yang membuat kita harus ikut mengeluarkan biaya yang cukup besar. Nah berikut cara menghadapi lingkungan sosial yang membuat kita boros.

Tentukan dengan siapa sebaiknya kita Hang Out

Apa yang kita lakukan pada saat hang out tentunya dipengaruhi oleh orang-orang yang bersama kita pada saat itu. Namun yang perlu dipahami adalah kita cenderung meniru orang-orang yang ada di sekeliling kita. Jika kita bergaul dengan teman-teman yang senang berbelanja dan makan di restoran mahal maka kemungkinan besar kita juga akan terdorong untuk melakukan hal tersebut. Sebaiknya, kita memikirkan situasi keuangan kita sendiri. Memilih teman yang sadar akan pengeluaran adalah salah satu cara yang tepat.

Ini bukan berarti kita ingin membeda-bedakan teman. Yang terpenting adalah mampu memposisikan diri ketika dihadapkan pada pengaruh lingkungan sosial terkait dengan pengeluaran biaya.

Sarankan kegiatan yang tidak memerlukan biaya besar

Bagaimana kita dapat menghabiskan waktu dengan teman-teman yang biasanya melakukan hang out yang terkesan mewah? Caranya adalah jadilah orang yang berinisiatif untuk menyarankan aktivitas apa yang perlu dilakukan. Dengan begitu, teman-teman yang biasanya makan di restoran atau bersantai di bar akan mengikuti saran yang diberikan karena mereka mungkin tidak memiliki pilihan lain.

Aktivitas yang kita sarankan sendiri tentu tidak akan membuat kantong menjadi bolong. Teman-teman yang lain pun bisa jadi memberikan apresiasi karena ingin melakukan aktivitas yang sebelumnya jarang dilakukan. Kita bisa menyarankan menonton film di rumah, atau sekedar diskusi di ruang tamu.

Buat Pasangan mengerti

Orang yang paling berpengaruh dalam menyusun anggaran adalah pasangan kita. Oleh karena itu, penting untuk memiliki visi yang sama dengannya. Perlu diingat, memotivasi pasangan berarti kita telah memotivasi diri sendiri. Kadang-kadang cara terbaik untuk tetap taat pada rencana yang telah dibuat adalah dengan membuat daftar tugas yang dilakukan bersama pasangan. Ini termasuk membuat akuntabilitas keuangan.

Apa yang harus Anda lakukan jika pasangan kita tidak tertarik? Kita bisa meminta dia untuk membuat papan visi untuk mengetahui apa yang mendasari ia tidak menginginkannya. Jika ia tidak mengerti keinginan kita terkait dengan rencana finansial, maka bisa saja kita telah melewatkan sebuah janji. Yang terpenting adalah kita membuat perencanaan yang dapat dijalankan bersama.

(about.com)