Find Us On Social Media :

Lakukan Hal Berikut Sebelum Memiliki Anak Agar Finansial Tetap Aman (2)

By Arnaldi Nasrum, Jumat, 21 Agustus 2015 | 15:00 WIB

Lakukan Hal Berikut Sebelum Memiliki Anak Agar Finansial Tetap Aman (2)

Intisari-Online.com – Rencana keuangan tentu sangat penting untuk mengatur finansial keluarga. Hal yang penting adalah mengatur keuangan saat akan memiliki anak. Ini tentunya berkaitan dengan tambahan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan anak nantinya. Nah, lakukan hal berikut sebelum memiliki anak agar finansial tetap aman.

Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting dalam rencana keuangan. Bahkan, dana ini akan sangat penting ketika telah menjadi orangtua. Kebanyakan orangtua biasanya tidak mempersiapkan hal ini terutama untuk anak mereka. Untuk menyusun dana darurat, kita bisa menghitung berbagai kebutuhan seperti dana kebutuhan bulanan, makanan, tagihan dan transportasi. Setelah itu kita dapat menentukan besarnya dana darurat yang dapat disisihkan.

Konsultasi dengan bagian HRD

Bagi kita yang bekerja, tentunysa sangat penting berkonsultasi dengan bagian HRD ketika menanti kelahiran anak. Ini berkaitan dengan cuti yang akan diperoleh. Selain itu, kita juga berhak untuk mengetahui hak-hak yang diperoleh atas kelahiran anak. Terkait dengan tanggung jawab kerja, kita juga perlu memastikan siapa yang akan menggantikan untuk sementara. Di beberapa perusahaan, kita dapat mengupayakan untuk mendapatkan santunan.

Merencanakan ahli waris

Sebelum kelahiran anak, kita sebaiknya sudah memikirkan penentuan  ahli waris dari kekayaan yang dimiliki. Ini mungkin terkesan sangat terburu-buru. Namun, ini semua memang harus dipersiapkan sejak dini. Berkaitan dengan itu, dokumen-dokumen terkait legalitas properti harus dipastikan. Hal ini dapat membantu anak kita nantinya ketika penyerahan hak atas apa yang kita miliki.

Pahami keriganan pajak yang dapat diperoleh

Memiliki banyak anak memang sangat menyenagkan. Mereka mungkin akan merawat kita saat tua nanti. Meski kita akan memiliki tambahan pengeluaran terkait dengan kebutuhan anak, kita juga dapat mendapat keringanan pajak karena kehadiran anak. Sebut saja keringanan pajak kredit hingga anak berumur 17 tahun, pembayaran pendidikan dan juga penawaran asuransi.

(Time)