Find Us On Social Media :

Ini Cara Mendanai Bisnis Rumahan tanpa Harus Berutang

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 26 Agustus 2015 | 12:00 WIB

Ini Cara Mendanai Bisnis Rumahan tanpa Harus Berutang

Intisari-Online.com – Untuk memulai sebuah bisnis rumahan, kita tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Tidak sedikit kemudian orang yang harus berutang untuk mendapatkan modal tersebut. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih mudah. Nah, berikut cara mendanai bisnis rumahan tanpa harus berutang.

Menabung

Cara yang paling efektif untuk memiliki modal tanpa harus berutang adalah dengan menabung. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun setidaknya menabung akan membuat kita membangun modal untuk bisnis. Menghemat setengah pendapatan kita per buan tentu akan menjadi jumlah yang besar dalam setahun. Ini juga berarti bahwa kita dapat memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan yang penting. Pengorbanan kita untuk berhemat dan menabung tentu akan menjadi awal yang baik untuk mendanai bisnis yang akan dijalankan.

Jual barang yang tidak terpakai

Salah satu cara untuk memperoleh dana adalah dengan menjual barang yang tidak terpakai. Setiap orang tentu memiliki barang yang tidak terpakai di rumahnya. Kita dapat menjualnya pada situs belanja online. Kita dapat memaksimalkan pendapatan dari penjualan barang ini dengan mengemasnya dalam gambar, judul dan deskripsi yang menarik.

Melakukan garage sale

Selain melakukan penjualan secara online, kita juga dapat melakukan garage sale atau juga sering disebut yard sale. Kita dapat menjual sejumlah barang secara langsung. Biasanya, barang-barang yang dijual adalah yang berukuran besar dan sulit untuk dijual secara online seperti televisi dan barang berukuran besar lainnya. Penjualan garage sale ini juga biasanya membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan penjualan online.

Berkolaborasi dengan para relasi

Salah satu cara untuk mulai menghasilkan uang dengan cepat terutama dalam bisnis yang berbasis layanan adalah dengan memanfaatkan jaringan untuk menemukan klien yang potensial. Kita hanya perlu menelepon orang-orang yang dapat mengenalkan kita pada klien potensial. Ini juga akan membuat bisnis kita lebih cepat untuk berkembang.

(about.com)