Find Us On Social Media :

Tips Penting Menabung untuk Masa Depan yang Lebih Baik

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 12 September 2015 | 13:00 WIB

Tips Penting Menabung untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Intisari-Online.com - Untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang menjadi sesuatu yang penting. Salah satu hal yang wajib kita lakukan adalah menabung. Bagaimana tidak, biaya hidup akan terus meningkat, sehingga menabung akan berguna untuk masa depan. Tidak hanya itu, kita juga harus siap dengan pengeluaran mendadak di suatu hari nanti, termasuk menyiapkan biaya pendidikan anak nanti. Sayangnya, sebagian dari kita sulit untuk mengelola uang dan berikut ini adalah tips penting menabung untuk masa depan yang lebih baik.

Setidaknya untuk beberapa tahun pertama, seseorang di fase produktif harus fokus pada kebutuhan, bukan pada kemewahan. Menghabiskan uang pada kemewahan akan menyebabkan kekurangan dana bahkan untuk kebutuhan dasar. Kita harus bisa memisahkan anggaran untuk belanja kebutuhan setiap bulan, sisanya kita tabung untuk investasi. Jika kita memiliki uang lebih, barulah boleh kita belikan sesuatu yang mewah yang kita inginkan.

Merencanakan tabungan atau investasi dengan cara yang tepat, akan membuat dana yang diinginkan lebih matang. Misalnya, kita tahu bahwa anak kita tujuh tahun lagi menempuh bangku kuliah, maka kita mulai menabung untuk keperluan tersebut hingga tujuh tahun ke depan. Dengan begitu, kita dapat lebih fleksibel dalam perencanaan terhadap pengeluaran serta penghematan. Jangan lupa juga untuk merencanakan dana pensiun kita.

Ada banyak pilihan tabungan yang bisa kita ikuti secara berkala dan seimbang, misalnya reksa dana dan investasi real estat. Tabungan seperti itu akan membantu dalam masa depan yang aman. Namun, jangan sampai lupa bahwa kita harus berhati-hati dalam merencanakan berapa banyak uang yang rutin harus disimpan dan mengenai tanggal jatuh temponya.

Mulailah untuk merencanakan serta mencoba tips penting menabung untuk masa depan yang lebih baik di atas. (magforwomen.com)