Find Us On Social Media :

5 Alasan Mengapa Belum Saatnya Anda untuk Membeli Rumah

By Arnaldi Nasrum, Minggu, 13 September 2015 | 11:00 WIB

5 Alasan Mengapa Belum Saatnya Anda untuk Membeli Rumah

Intisari-Online.com – Setiap orang tentu ingin memiliki rumah sendiri. Untuk mewujudkan hal tersebut tidak sedikit orang yang harus melakukan pinjaman. Sebenarnya mendapatkan pinjaman sah-sah saja asalkan kita memang sudah siap dengan perencanaan keuangan yang matang. Nah, berikut 5 alasan mengapa sekarang belum saatnya untuk membeli rumah.

Tekanan dari orang sekitar

Ketika kita telah memiliki usia yang matang atau telah berkeluarga biasanya akan ada tekanan dari orang-orang sekitar untuk membeli rumah. Sanak keluarga dan teman-teman tentu memiliki ekspektasi bahwa sekaranglah saatnya kita untuk membeli rumah dan hidup sejahtera. Namun yang penting adalah kita harus benar-benar siap dan memiliki keuangan yang cukup stabil untuk membeli rumah. Kita harus memahami kondisi keuangan yang ada.

Berencana untuk pindah

Jika kita mengetahui bahwa kita akan pindah karena tuntutan pekerjaan, maka lebih baik untuk sekedar menyewa rumah ketimbang harus membelinya. Kita harus memastikan berapa lama kita akan menetap di suatu daerah. Salah satu acuan untuk membeli rumah adalah ketika kita memiliki rencana untuk tinggal selama sedikitnya lima tahun. Perlu diingat, memiliki rumah akan membuat kita merasa enggan untuk pindah.

Kita memenuhi persyaratan untuk hipotek

Bank mungkin memberikan kita pilihan untuk mendapatkan pinjaman uang untuk membeli sebuah rumah. Namun, ini bukan berarti kita telah siap untuk membeli rumah. Oleh karena itu penting untuk melakukan manajemen keuangan. Kita dapat menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki dan mempersiapkan untuk mengontrol keuangan yang ada.

Memiliki utang

Jika kita memiliki utang dengan jumlah yang cukup besar, maka kita mungkin sebaiknya tidak membeli rumah. Justru, ketika kita sedang memiliki uang, maka pastikan untuk melunasi utang tersebut terlebih dahulu. Oleh karena itu, membeli rumah sebaiknya ketik kita tidak memiliki tanggungan.

Memperhitungkan biaya perbaikan rumah

Salah satu alasan kita tetap melanjutkan untuk menyewa rumah adalah karena kita tidak perlu khawatir dengan biaya perawatan yang tentu saja menjadi tanggungan pemilik rumah. Jika kita masih sibuk dengan mengatur pendapatan dan pengeluaran, maka kita mungkin belum siap untuk sebuah biaya perawatan ketika nanti memiliki sebuah rumah.

(about.com)