Find Us On Social Media :

12 Aturan yang Harus Diperhatikan dalam Mengatur Keuangan Pribadi

By Arnaldi Nasrum, Selasa, 15 September 2015 | 12:00 WIB

12 Aturan yang Harus Diperhatikan dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Intisari-Online.com - Setiap orang tentu membutuhkan manajemen keuangan. Ini penting untuk mengatur berapa pendapatan yang harus disisihkan untuk menjamin hari tua nanti. Namun, yang sering terjadi adalah orang masih sering salah mengartikan konsep keuangan terutama mengenai finansial pribadi (personal finansial). Sebenarnya, cara terbaik menanbung uang adalah dengan menghasilkan lebih banyak uang. Menurut, James Altucher, seorang pengusaha dan penulis bestseller, ada 12 aturan yang harus diperhatikan dalam mengatur finansial pribadi .

1. Jangan mengandalkan gaji. Gaji bulanan tidak akan pernah membuat keuangan kita melejit.

2. Jangan menginvestasikan semua uang. Investasi ditujukan untuk jaminan keuangan bukan menghasilkan uang yang banyak.

3. Dapatkan 10 ide finansial  terbaik setiap hari

4. Jangan mencoba untuk menghemat uang dengan tidak membeli kopi yang mahal. Cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menghasilkan lebih banyak.

5. Pelajari buku mengenai konsep mencipta

6. Perluas jaringan untuk mengembangkan bisnis dan mengatasi berbagai masalah yang muncul.

7. Jika kita sudah mapan, usahakan untuk tidak berinvestasi lebih dari 2% dari kekayaan yang ada dalam setiap satu ide finansial yang dimiliki.

8. Jangan memasuki dunia bisnis yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Masuklah ke dalam dunia bisnis dengan monopoli. Ini mungkin akan menjamin keuntungan yang tinggi.

9. Kumpulkan banyak referensi mengenai hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan keuangan. Ini akan menjadi pengetahuan yang penting ketika dipadukan dengan pengetahuan finansial

10. Tidur delapan jam sehari adalah bagian penting dari  aturan finansial pribadi

11. Usahakan berada di sekeliling orang-orang yang kita cintai dan yang mencintai kita. Jauhi orang yang membuat kita terpuruk dan memberi energi negatif.

12. Bersyukur juga berarti kelimpahan. Sering-seringlah bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Perbanyak latihan bersyukur.

(Time)