Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Perusahaan Ternama Dunia ini Awalnya Bermula dari Garasi (1)

By Arnaldi Nasrum, Senin, 5 Oktober 2015 | 10:00 WIB

Siapa Sangka, Perusahaan Ternama Dunia ini Awalnya Bermula dari Garasi (1)

Intisari-Online.com – Perusahaan dunia ternama seperti Amazon dan Disney memiliki aset hingga jutaan dollar. Jasanya pun telah dikenal dan diakui di berbagai negara. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa perusahaan ternama tersebut awalnya dimulai dari garasi. Bahkan masih banyak perusahaan ternama lainnya yang awal mulanya tidak dari kantor yang mewah. Nah, berikut 6 perusahaan ternama dunia yang awalnya bermula dari garasi.

Amazon

Siapa yang tidak mengenal Amazon? Salah satu perusahaan e-commerce terbesa dunia ini sangat populer di berbagai negara. Tapi, tidak banyak yang mengetahui bahwa Amazon yang awalnya dibentuk sebagai toko buku online bermula di garasi milik Jeff Bezo di Washington pada tahun 1994. Sejak itu, Amazon telah menjadi pelopor belanja online dan kemudian bisnis penerbitan buku. Tidak hanya itu, Amazon juga telah memimpin pemasaran afiliasi, dan berbagai jasa bisnis lainnya. Yang menarik adalah, tidak ada yang menyangka, bisnis yang bermula dari garasi ini kini telah menjadi perusahaan yang sangat besar.

Apple

Ide bisa saja muncul ketika melihat situasi di lingkungan sekitar. Steve Jobs melihat adanya potensi yang besar dari hobi bermain komputer rekannya, Steve Wozniak. Sama dengan Jeff Bezo, pada tahun 1976, keduanya kemudian mengembangkan teknologi komputer di garasi milik Steve Jobs. Ide yang dikembangkan adalah memaksimalkan fungsi komputer untuk kebutuhan sehari-hari. Komputer itu terus berkembang dan diakui memudahkan berbagai aktivitas manusia. Teknologi komputer tersebut kemudian dikenal sebagai Apple.  Dalam perkembangannya, Steve Jobs kemudian berinovasi termasuk penciptaan iPod, iTunes, dan iPhone.

Google

Sebelum kita mengenal Google, orang-orang mungkin mengenal Yahoo sebagai browser untuk mencari informasi di internet. Namun, kemudian dua mahasiswa pascasarjana Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin mengembangkan program yang kita kenal Google. Mereka melakukannya di garasi Susan Wojcicki, CEO Youtube. Sebenarnya, tujuan mereka adalah untuk menciptakan sumber daya yang sederhana dalam mencari informasi di internet. Dalam perkembangannya, Google telah menjadi sumber daya utama bagi pelaku internet. Mereka kemudian membuat beberapa item dan sumber daya gratis seperti  Gmail, Google maps dan Google Docs. Google juga telah diperluas dan sekarang memiliki hampir 200 properti lainnya termasuk YouTube dan Blogger.

(about.com)