Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Perusahaan Ternama Dunia ini Awalnya Bermula dari Garasi (2)

By Arnaldi Nasrum, Senin, 5 Oktober 2015 | 10:30 WIB

Siapa Sangka, Perusahaan Ternama Dunia ini Awalnya Bermula dari Garasi (2)

Intisari-Online.com – Perusahaan dunia ternama seperti Amazon dan Disney memiliki aset hingga jutaan dollar. Jasanya pun telah dikenal dan diakui di berbagai negara. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa perusahaan ternama tersebut awalnya dimulai dari garasi. Bahkan masih banyak perusahaan ternama lainnya yang awal mulanya tidak dari kantor yang mewah. Nah, berikut 6 perusahaan ternama dunia yang awalnya bermula dari garasi.

Disney

Sebagian perusahaan besar mungkin lahir di era digital. Namun, ini tidak berarti perusahaan yang telah berdiri sejak lama tidak dapat bersaing. Perusahaan yang sudah lama tersebut bahkan berkembang meski awalnya dimulai dari garasi rumah. Disney adalah contohnya. Dulu, ketika Roy dan Walt Disney memutuskan untuk pindah ke California di rumah paman mereka, mereka kemudian mulai membuat studio mereka sendiri. Walt adalah seorang kartunis yang sangat visioner. Dari studio tersebut, ia membuat kartun menjadi sebuah bentuk seni yang luar biasa termasuk menggabungkan animasi dengan live-action, menciptakan kartun pertama yang berbicara (Steamboat Willie, yang merupakan kartun Mickey Mouse pertama), dan syuting film fitur animasi panjang pertama (Putri Salju). Disney sekarang telah menjadi perusahaan yang mampu meraup keuntungan yang sangat besar.

Hewlett Packard

Salah satu perusahaan yang juga dimulai dari garasi adalah Hewlett Packard (HP). Bill Hewlett dan Dave Packard memulainya pada tahun 1939 di Palo Alto, California. Dari sana, mereka kemudian membuat perusahaan teknologi ternama. Selama bertahun-tahun, perusahaannya berkembang menjadi komputer, printer dan teknologi lainnya. Tidak heran jika perusahaan ini diakui sebagai salah satu pemimpin dalam bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.

Mattel

Hari ini Mattel dikenal sebagai perusahaan mainan. Namun, di tahun 1945, Mattel merupakan perusahaan yang menekuni bisnis framing yang dioperasikan dari sebuah garasi oleh Harold Matson, dan pasangan Elliot dan Ruth Handler. Beberapa tahun kemudian, Matson menjual sahamnya ke Handler. Setelah itu, mereka memulai bisnis baru yakni menciptakan rumah boneka dari sisa framing yang dimiliki. Mereka kemudian benar-benar mengalihkan perhatiannya dari bisnis framing. Siapa sangka, bisnis mainan yang mereka miliki kemudian diiklankan melalui acara TV Mickey Mouse Club. Pada tahun 1959, Ruth Handler menciptakan boneka Barbie. Sejak itu, Mattel terus berkembang dan menciptakan banyak produk, seperti Fisher Price, Hot Wheels dan Matchbox Cars, boneka American Girl  dan berbagai board game.

(about.com)