Find Us On Social Media :

5 Hal yang Perlu Dilakukan agar Keuangan Tetap Aman Meski Pensiun Dini

By Arnaldi Nasrum, Jumat, 16 Oktober 2015 | 10:30 WIB

5 Hal yang Perlu Dilakukan agar Keuangan Tetap Aman Meski Pensiun Dini

Intisari-Online.com – Tidak sedikit orang yang memilih untuk pensiun dini. Salah satu alasannya adalah karena ingin memulai bisnis atau sekedar ingin menikmati masa hidup yang tersisa. Yang perlu diperhatikan, pensiun dini harus disertai dengan adanya penghasilan tambahan. Berikut 5 hal yang perlu dilakukan agar keuangan setelah  pensiun dini tetap aman.

Bekerja Paruh Waktu

Jika berencana untuk pensiun dini, maka ini berarti kita masih cukup muda untuk terus bekerja. Bekerja paruh waktu adalah cara yang baik untuk membuat penghasilan tambahan. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat kita menghindari kemungkinan menghabiskan tabungan yang ada. Banyak pensiunan merasa bahwa bekerja paruh waktu menambah kualitas hidup mereka. Jika kita menemukan pekerjaan paruh waktu di bidang yang kita cintai, maka tentu saja kita dapat menikmati segala aktivitas yang dilakukan, sementara penghasilan kita akan terus bertambah.

Tidak ada lagi hipotek

Cara lainnya yang perlu dilakukan untuk mengontrol pengeluaran adalah dengan melunasi hipotek. Memiliki rumah yang bebas tunggakan tidak hanya akan memberikan kita ketenangan pikiran tetapi juga memberikan fleksibilitas anggaran pensiun yang dimiliki. Yang perlu dipertimbangkan adalah kita dapat melunasi melunasi hipotek jika dapat dilakukan dengan menggunakan tidak lebih dari sepertiga dari tabungan non pensiun kita.

Jaminan kesehatan

Menjaga kesehatan agar tetap fit hingga umur 65 tahun mungin hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Pensiun dini berarti kita harus tetap menjaga kesehatan. Kita harus melihat ke dalam diri bahwa kita mungkin tidak memiliki fasilitas jaminan kesehatan dari perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan kembali jaminan kesehatan saat memutuskan pensiun dini. Jaminan kesehatan ini akan bervariasi tergantung pada usia dan manfaat yang diberikan.

Perhatikan tabungan dan pengeluaran

Kita perlu mempertimbangkan berapa banyak uang yang perlu dihabiskan dan berapa yang harus ditabung. Untuk melakukan ini, ada beberapa rencana keuangan yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan membagi keuangan ke dalam tiga kategori: pajak (30% dari pendapatan); tabungan (20%) dan kebutuhan rutin (50% untuk perumahan, makanan, dan biaya lainnya).

Disiplin

Pensiun dini adalah hal yang wajar. Tapi yang perlu dipahami, pensiun dini harus disertai dengan kerja keras dan disiplin. Oleh karena itu, penting untuk disiplin terhadap berbagai rencana yang telah dibuat. Pensiun dini dapat menjadi motivasi untuk berbuat lebih banyak.

(about.com)