Find Us On Social Media :

Hati-hati, Inilah 9 Tempat Paling Berbahaya untuk Gunakan Kartu Debit (2)

By Ade Sulaeman, Selasa, 3 November 2015 | 16:00 WIB

Hati-hati, Inilah 9 Tempat Paling Berbahaya untuk Gunakan Kartu Debit (2)

Intisari-Online.com - Membuat semua pembelian kita dengan kartu debit adalah cara yang baik agar kita tidak menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kita miliki dan terjebak utang. Tapi itu tidak selalu menjadi cara yang paling cerdas untuk membayar. Bahkan, menggunakan kartu debit di beberapa tempat atau dalam beberapa kasus bisa berbahaya.

5. ATM di Non-Bank

Insiden kartu dan PIN skimming di ATM non-bank - seperti yang terletak di toko-toko, hotel, restoran atau bar - melonjak 317 persen selama empat bulan pertama 2015 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut kantor credit scoring FICO. ATM ini biasanya tidak dimonitor dengan baik, dan pemilik dari instansi di mana mereka berada biasanya tidak dilatih untuk menemukan gangguan, kata Breyault.

6. ATM Bank yang Tidak Terlihat

ATM di bank juga menjadi target besar bagi pencuri yang memasang perangkat skimming. Bahkan, jumlah kasusnya meningkat 174 persen pada empat bulan pertama 2015 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014, menurut FICO.

Sebelum memasukkan kartu ke dalam ATM, periksalah apakah ada tanda-tanda bahwa mesin tersebut mungkin telah dirusak, termasuk jika ada bagian yang longgar, bengkok atau rusak, menurut FBI. Jika menemukan sesuatu tidak beres, jangan menggunakannya.

7. Kios Self-Service

Menggesekkan kartu debit Anda di kios self-service untuk membayar hal-hal seperti parkir atau transportasi umum dapat berisiko karena mesin ini bisa dengan mudah dirusak, kata Feddis. Jika melihat sesuatu yang mencurigakan - seperti card reader yang longgar atau buruk pas - jangan melanjutkan transaksi.

8. Penyewaan Properti saat Liburan

Ada banyak penipuan pada penyewaan properti liburan dengan tujuan ‘memaksa’ wisatawan untuk menyerahkan pembayaran untuk listing palsu. Itu sebabnya kita tidak ingin menawarkan informasi kartu debit, yang merupakan link langsung ke rekening bank. Oleh karena itu situs penyewaan properti untuk liburan seperti HomeAway.com dan VRBO.com menyarankan kita untuk menggunakan kartu kredit sebagai cara yang paling aman untuk memesan properti saat libutan.

9. Biaya Berulang

Berpikir dua kalilah sebelum menghubungkan pembayaran otomatis untuk hal-hal seperti langganan majalah atau keanggotaan gym untuk kartu debit. "Pembayaran dengan jumlah kecil akan ‘terbang’ dengan mudah tanpa kita sadari dan kita ingat," kata Breyault. Akibatnya, kita tidak mungkin ingat bahwa kita sebenarnya memiliki anggaran untuk mereka dan tidak akan ada cukup uang di rekening untuk menutupi mereka.

(gobankingrates.com)