Find Us On Social Media :

Ini Tips Bagi Anda yang Introvert Ketika Ingin Memulai Bisnis

By Arnaldi Nasrum, Senin, 16 November 2015 | 10:30 WIB

Ini Tips Bagi Anda yang Introvert Ketika Ingin Memulai Bisnis

Intisari-Online.com - Ketika kita mendengar istilah introvert dan ekstrovert, hal yang mungkin terlintas di benak kita adalah dua kepribadian yang sangat berbeda. Ada yang begitu percaya diri sementara yang lainnya cenderung bersikap malu dan menutup diri. Bagi yang merasa berkepribadian introvert, biasaya dianggap sulit untuk beradaptasi terutama ketika ingin memulai sebuah bisnis. Apakah ini berarti kita yang introvert akan sulit untuk menjadi sukses ketika berbisnis?

Yang perlu dipahami, sulit beradaptasi bukan berarti tidak dapat menjadi sukses. Ini hanya berkaitan dengan pendekatan bisnis yang nantinya akan dijalankan. Makanya, sangat penting untuk menjelajahi zona nyaman kita. Setiap orang tentu tahu hal apa saja yang membuat pekerjaan terasa mudah dan mendorong untuk bekerja lebih keras. Nah, ada banyak peluang bisnis yang dapat dilakukan dan berkaitan dengan zona nyaman kita.

Ini dapat dilakukan dengan melihat apa yang dapat kita lakukan. Misalnya bertemu dengan klien, bekerja di dunia maya dan membuat peta analisis bisnis sendiri. Kita dapat membuat daftar sejumlah aktivitas yang kita sukai dan dikaitkan dengan tujuan bisnis yang ingin dijalankan.

Ketika ingin menjalankan bisnis, kita juga perlu untuk mencoba keluar dari zona nyaman. Ini dapat membuat kita melihat peluang bisnis yang lebih besar. Setelah memiliki gagasan yang jelas mengenai apa yang membuat kita nyaman, maka saatnya untuk keluar dari zona tersebut.

Meski ini terasa sulit, namun mencoba untuk memasuki lingkungan baru akan memberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang baru. Ini akan mendorong kita untuk lebih percaya diri, dan tentunya membuat kita lebih memahami kesuksesan bisnis.

(about.com)