Find Us On Social Media :

Pilah Pilih Rumah: Buat Skema Pembatasan Anggaran

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 18 November 2015 | 13:30 WIB

Pilah Pilih Rumah: Buat Skema Pembatasan Anggaran

Intisari-Online.com - Membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memutuskan rumah seperti apa yang akan dibeli. Dimulai dari harga, fasilitas hingga lokasi. Namun, tidak sedikit orang yang merasa tidak betah dengan rumah barunya. Biasanya, ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan saat memutuskan untuk membeli. Makanya, penting untuk melakukan persiapan sebelum pilah pilih rumah.

Fokuslah pada harga rumah yang diinginkan. Kita perlu mengetahui berapa keuangan yang mampu kita bayarkan untuk hipotek bulanan. Ingatlah bahwa kisaran harga yang kita pikirkan harus benar-benar sesuai dengan yang harus dibayarkan.

Melissa DiMauro, pengamat real estate sekaligus Realtor di New York, mengatakan anggaran pembeli akan menentukan rumah seperti apa yang akan diburu. “Bila Anda baru pertama kali membeli rumah dan belum menetapkan berapa uang muka yang disiapkan, maka Anda akan membuat beberapa kompromi,” kata DiMauro. Dia menyarankan untuk membuat daftar keinginan mengenai fasilitas rumah yang diinginkan dan kemudian membuat skema pembatasan anggaran. Ini untuk mengantisipasi rincian kebutuhan yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Selain itu, penting untuk melakukan survei dan membuat daftar keinginan kita berkembang seiring dengan banyaknya referensi yang didapatkan. Dengan begitu, maka pertimbangan mengenai rumah yang diinginkan akan semakin matang.

“Banyak pembeli rumah yang bersemangat untuk segera mendapatkan rumah dengan sangat cepat karena mereka sangat antusias,” tambah DiMauro.  Namun, bagi DiMauro, seseorang perlu menghindari sikap ini dan berupaya untuk mengumpulkan lebih banyak penawaran rumah dengan fasilitas yang beragam.

“Orang akan tinggal di sebuah rumah lebih lama karena mereka memiliki sesuatu yang benar-benar cocok dengannya,” tegas DiMauro.