Find Us On Social Media :

Pilah Pilih Rumah: Pahami Kondisi Pasar

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 18 November 2015 | 14:30 WIB

Pilah Pilih Rumah: Pahami Kondisi Pasar

Intisari-Online.com - Membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum memutuskan rumah seperti apa yang akan dibeli. Dimulai dari harga, fasilitas hingga lokasi. Namun, tidak sedikit orang yang merasa tidak betah dengan rumah barunya. Biasanya, ada hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan saat memutuskan untuk membeli. Makanya, penting untuk melakukan persiapan sebelum pilah pilih rumah.

Selain keuangan, seseorang juga perlu memahami penawaran rumah di pasaran. Mengetahui kondisi pasar akan menjadi cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman mengenai rumah seperti apa yang tersedia dan berapa harga yang cocok untuk kita. Untuk melakukan hal ini, kita perlu mencarinya di situs daftar online seperti Zillow atau HomeFinder.

Layanan online ini merupakan database properti yang dibuat oleh sekelompok broker untuk menampilkan daftar properti mereka. Kita dapat melihat perkiraan harga rumah di pasaran dan mengetahui lokasi dan kondisinya.

Namun, perlu dipahami, apa yang kita lihat di internet bisa saja tidak sepenuhnya akurat. Untuk itu, kita dapat langsung berkomunikasi dengan broker agar mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Robertson Allen, pemilik The Cassina Grup Real Estate di Carolina Selatan, AS, mengatakan proses pendidikan di pasaran sering menyebabkan pemahaman yang lebih baik  sebagai bagian dari kebutuhan pembeli rumah. Lebih dari itu, pemahaman juga dapat menjadi bekal bagi pembeli ketika ingin membuat perubahan pada rumahnya kelak.

Ketika pembeli rumah memahami gambaran antara lokasi dan kondisi rumah, Allen mengatakan, dia dapat mengukur apa yang dianggap lebih baik sesuai dengan kebutuhan mereka.