Find Us On Social Media :

5 Tips Agar Tidak Mudah Stres Saat Membangun Bisnis

By Lintang Bestari, Minggu, 6 Desember 2015 | 09:30 WIB

5 Tips Agar Tidak Mudah Stres Saat Membangun Bisnis

Tidak peduli di industri apa kita berbisnis, namun ada satu kebenaran umum: waktu adalah sumber daya yang terbatas. Akan selalu lebih banyak pekerjaan daripada waktu yang tersedia. Oleh kaena itu, prioritas adalah hal penting. Ketika membangun bisnis, secara alami kita akan mengambil semua kesempatan. Mulai dari iklan, kerjasama, networking, dan kesempatan berbicara di depan umum. Padahal, tidak semuanya bisa dilakukan secara bersamaan. Maka, priorirtaskan hal yang paling penting agar kita tidak stres dan kewalahan.

Fokus pada hal yang disukaiKetika berbisnis, pilih hal yang paling disukai dan hindari hal-hal yang tidak terlalu kita senangi. Kita tidak akan pernah mencintai pekerjaan kita jika menghabiskan banyak waktu untuk mengurusi hal-hal yang kita benci. Jika sudah bisa mengatur pekerjaan yang disukai, barulah pelan-pelan melakukan hal yang kita kurang sukai tadi.

Berbincang dengan pebisnis lainnyaWirausahawan baru, yang biasanya kerja dari rumah, menghadapi masalah isolasi yang serius. Kita merasa teman-teman dan keluarga yang bekerja dari jam 9-5 tidak mengerti tekanan yang kita hadapi. Jaringan yang kuat atau kelompok pendukung dari sesama pebisnis bisa mengurangi stres. Kita akan mendapatkan nasihat dan saran juga dari mereka.

Atur ulang ekspektasiStres biasanya terjadi karena dua hal: 1) bekerja terlalu keras, 2) membuat ekspektasi yang terlalu tinggi sehingga ketika tidak mencapai tujuan kita merasa gagal. Kedua situasi itu berasal dari ekspektasi yang tidak realisitis. Kita harus berhenti membandingkan bisnis kita dengan yang lain dan berhenti mencemaskan apa yang orang lain pikirkan. Fokus kepada kemajuan kita dan rayakan keberhasilan kecil di bisnis kita.

Jaga kesehatan fisik dan mentalTidak ada piala bagi pebisnis yang paling keras bekerja. Kita harus menjaga diri kita sendiri jika ingin mendapat energi penuh untuk mengatasi stres kita. Hal itu termasuk makan dengan benar, olahraga, meditasi dan menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang. Sebaiknya, kita memisahkan waktu bekerja dengan waktu bermain.  

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan agar tidak mudah stres saat membangun bisnis. Selamat mencoba! (mashable.com)