Find Us On Social Media :

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

By Ade Sulaeman, Jumat, 11 Desember 2015 | 10:00 WIB

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Intisari-Online.com - Di zaman dengan teknologi yang modern ini, udah banyak  teknologi canggih yang dapat membantu orang-orang untuk mempermudah aktivitasnya. Termasuk saat belanja. Di zaman sekarang, gak perlu repot-repot lagi pergi ke toko untuk membeli suatu barang,. Cukup dengan internet, udah bisa berbelanja. Kegiatan ini lebih dikenal dengan belanja online atau online shopping.

Namun sayangnya, seiring dengan berkembangnya online shopping ini, modus-modus kejahatan pun juga ikut berkembang,. Penipuan melalui online shopping sangat marak belakangan. Untuk itu,kita harus hati-hati. Biar nggak ketipu saat berbelanja.

Berikut beberapa tips agar belanja online kita aman dan nyaman!

Situs Terpercaya

Sebelum memulai berbelanja online, cari tahu dulu, dimanakah website jual-beli yang terpercaya. Coba browsing dengan seksama. Pelajari, bagaimana cara kerjanya.

Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional  dan diakui keamanannya bisa jadi pilihan. Ebay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia lewat blanja.com. Ada juga jd.id yang merupakan jaringan dari jd.com, commerce ternama dari negeri China.

Hindari Harga yang Terlalu Miring

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu murah itu patut dicurigai. Soalnya harga pasti sesuai dengan kualitas, dan tidak mungkin seorang penjual menjual barangnya terlalu murah, karena jelas-jelas itu akan merugikan mereka. Hal ini yang patut diwaspadai sekali di commerce berbentuk marketplace.

Kenali Produk

Kalau ingin membeli suatu produk, sebaiknya browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli. Agar kamu  lebih mengenal tentang produk tersebut, dan apa saja kelengkapan yang disertakan oleh produk tersebut jika kamu membelinya. Jd.id, memberikan informasi lengkap seputar sebuah produk. Mulai dari spesifikasi, foto produk dan kelengkapannya, untuk jadi bahan perbandingan. Sehingga pembeli bisa mencocokkannya dengan info yang didapat di luaran.

COD (Cash On Demand)

Singkatan yang sering digunakan anggota forum ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi COD ini adalah kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar gak ketipu kalau berbelanja online di forum. Jika seorang penjual nggak bisa atau gak mau diajak COD, maka kamu patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu.