Find Us On Social Media :

Simak, Inilah Pentingnya Mengapa Kita Memerlukan Asuransi Kesehatan

By Arnaldi Nasrum, Senin, 14 Desember 2015 | 11:00 WIB

Simak, Inilah Pentingnya Mengapa Kita Memerlukan Asuransi Kesehatan

Intisari-Online.com - Kesehatan merupakan  kado yang terindah bagi semua orang. Dengan tubuh yang sehat, kita akan leluasa beraktivitas dan mengerjakan berbagai hal. Kita juga bisa terhindar dari pengeluaran yang besar untuk menjadi sehat.

Tapi, sakit tidak bisa diprediksi. Datangnya seperti tamu tak diundang. Jika sakit, hal yang selalu mengganggu pikiran tentu biaya. Maklum, biaya rumah sakit kian hari kian mahal. Bisa saja seluruh tabungan kita habis jika dirawat dalam jangka waktu panjang.

Agar tak menggerus uang tabungan untuk membayar biaya rumah sakit, memiliki asuransi kesehatan bisa menjadi solusi. Pada dasarnya, asuransi kesehatan berguna untuk mengganti nilai kerugian finansial ketika kita sakit. Dengan asuransi kesehatan, hampir semua kebutuhan dana berobat akan diganti perusahaan asuransi.

Jadi, kita tak perlu pusing menghitung dana yang mesti keluar dari kantong kalau tiba-tiba sakit. Kekhawatiran lantaran tak tersedianya dana jika sakit pun bisa berkurang. Kita juga bisa benar-benar fokus pada proses penyembuhan. Inilah pentingnya asuransi kesehatan bagi seseorang.

Asuransi kesehatan merupakan pengganti kerugian keuangan untuk biaya berobat. Makanya kita perlu memilih sesuai sesuai kebutuhan dan membeli polis ketika masih muda atau dalam kondisi sehat. Preminya sangat tergantung kondisi kesehatan.

Lantaran asuransi kesehatan begitu penting, banyak perencana keuangan menyarankan agar setiap orang punya asuransi kesehatan. Caranya, dengan mengalokasikan minimal 5% hingga 10% dari pendapatan untuk asuransi kesehatan.

Pemerintah juga menyadari pentingnya asuransi kesehatan. Melalui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004, pemerintah mewajibkan tiap warga negara menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Rakhmi Permatasari, perencana keuangan dari Safir Senduk dan Rekan, menegaskan, memiliki asuransi kesehatan hukumnya wajib. Asuransi jiwa hanya menanggung pencari nafkah, sementara semua anggota keluarga sangat mungkin jatuh sakit. “Minimal punya BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Namun, bagi yang memiliki dana lebih, ada baiknya membeli asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi komersial guna melengkapi BPJS Kesehatan. Terutama, jika menginginkan manfaat yang lebih besar dari BPJS Kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

Kecepatan, kemudahan, praktis, dan fleksibilitas bisa menjadi pertimbangan ketika membeli asuransi kesehatan partikelir. Bila menggunakan produk besutan asuransi komersial, bisa langsung datang ke rumah sakit serta memilih kamar yang memiliki pelayanan dan kenyamanan khusus. (Kontan)