Find Us On Social Media :

Lakukan Hal Berikut Agar Perayaan Natal Tak Membuat Saku Bolong

By Arnaldi Nasrum, Jumat, 25 Desember 2015 | 14:30 WIB

Lakukan Hal Berikut Agar Perayaan Natal Tak Membuat Saku Bolong

Intisari-Online.com - Natal adalah salah satu momen yang selalu ditunggu-tunggu. Tak heran jika perayaannya selalu disertai dengan berbagai persiapan. Dimulai dari menyiapkan kado untuk kerabat, memasak hidangan khas, menghias rumah, hingga membeli pakaian baru. Nah persiapan ini biasanya membutuhkan banyak uang yang membuat pengeluaran membengkak. Nah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar perayaan natal tak membuat saku bolong.

Rencana

Anggaran belanja untuk pengeluaran musiman seperti Natal haruslah proporsional. Jangan sampai hitungan pengeluaran menyedot tabungan terlalu banyak. Klasifikasikan pengeluaran sesuai jenis. Misalnya, bedakan antara pos pengeluaran untuk kado dan persiapan hidangan di rumah. Hal ini untuk menghindari pengeluaran membengkak untuk satu alokasi saja.

List belanja

Lalu, buatlah list belanja. Daftar ini berguna untuk mengontrol keinginan impulsif belanja, seperti membeli benda yang tak dibutuhkan.Buat daftar berurutan menurut prioritas. Sesudah punya daftar, patuhilah. Khusus untuk daftar belanja hidangan Natal, pastikan kita sudah mengetahui menu apa yang ingin dimasak. Susun rinci bahan makanan yang diperlukan untuk menu itu.

Diskon

Untuk berhemat, cari cara untuk mendapatkan barang diskon. Jelang Natal, biasanya banyak pusat belanja yang menawarkan harga spesial. Belakangan, situs-situs belanja online juga punya penawaran serupa.

Kadang, situs belanja menawarkan beragam barang unik yang tak bisa ditemukan di pusat belanja biasa. Praktisnya, kita juga bisa membandingkan harga produk secara langsung, bahkan tanpa perlu beranjak.

Tunai

Memakai uang tunai saat berbelanja memaksa kita untuk taat pada anggaran. Setelah uang tunai habis, pastikan tidak mengutak-atik kartu kredit. Taati rencana dan daftar belanjaan.

(Kompas)