Find Us On Social Media :

Ragam Pilihan Produk Asuransi dengan Polis Murah

By Arnaldi Nasrum, Selasa, 29 Desember 2015 | 08:00 WIB

Ragam Pilihan Produk Asuransi dengan Polis Murah

Intisari-Online.com - Bagi sebagian orang, asuransi sudah menjadi kebutuhan. Asuransi tersebut dapat membuat hidup seseorang mmiliki perlindungan. Tapi, buat sebagian lainnya, asuransi bukan suatu yang mutlak.

Memang, asuransi merupakan salah satu cara mengelola risiko yang tidak terduga di masa datang. Risiko yang dialihkan tersebut meliputi kemungkinan kerugian material yang bisa dinilai dengan uang, sebagai akibat terjadinya suatu peristiwa yang mungkin atau belum pasti akan terjadi alias uncertainty of occurrence and uncertainty of loss.

Misalnya, risiko terbakarnya bangunan atau harta benda di dalamnya sebagai akibat sambaran petir, kelalaian manusia, dan arus pendek listrik. Lalu, risiko kerusakan mobil karena kecelakaan lalu lintas, meninggal atau cedera akibat kecelakaan, sakit, serta risiko akibat bencana alam, seperti banjir, badai, dan gempa bumi.

Menurut Freddy Pieloor, perencana keuangan dari MoneynLove Financial, insiden yang terjadi dalam hidup manusia bisa dikategorikan menjadi dua. Pertama, insiden yang jarang terjadi, tapi sekalinya terjadi akan menyebabkan kerugian sangat besar. Artinya, tingkat risikonya tinggi.

Contoh, kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kematian atau cacat tetap dan sakit kronis yang butuh biaya pengobatan sangat mahal. “Untuk insiden yang jarang terjadi tapi menimbulkan risiko sangat besar, kerugiannya harus dialihkan atau ditransfer ke pihak lain, yakni perusahaan asuransi,” kata Freddy.

Kedua, insiden yang sering terjadi namun efeknya kecil. Ambil contoh, sakit ringan seperti flu dan batuk. Kalau yang ini, kita tidak perlu mengalihkan risiko itu ke pihak lain, cukup menghindari atau meminimalkan penyebabnya.

Dalam perkembangannya, semakin banyak pilihan produk asuransi untuk mengalihkan risiko-risiko tersebut. Ini berhubungan dengan asuransi yang dapat dibeli dengan polis murah. Perencana keuangan Prita Ghozie menjelaskan, asuransi jiwa adalah polis asuransi yang akan memberikan sejumlah pertanggungan berupa klaim tunai kepada penerima tanggungan (beneficiaries) atau ahli waris apabila tertanggung meninggal dunia.

Pembeli asuransi jiwa biasanya akan mendapatkan polis asuransi jiwa, yaitu dokumen yang memuat mengenai manfaat asuransi, aturan pembayaran premi, dan pembayaran klaim. “Pembelian polis asuransi jiwa merupakan salah satu titik penting dalam perjalanan keuangan seseorang,” katanya.(Kontan)