Find Us On Social Media :

Agar Liburan Tak Membuat Saku Bolong: Buat Perencanaan dari Sekarang

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 6 Januari 2016 | 10:30 WIB

Agar Liburan Tak Membuat Saku Bolong: Buat Perencanaan dari Sekarang

Intisari-Online.com - Membuat perencanaan adalah salah satu hal penting ketika ingin berlibur. Terutama agar saku tidak bolong, banyak orang yang rela menabung jauh hari sebelumnya. Ada dana darurat yang harus disiapkan mengingat beberapa hal tak terduga dapat terjadi kapan saja. Selain menabung, cara lain untuk menekan pengeluaran selama perjalanan adalah dengan berburu tiket perjalanan promo.

Sebelum melakukan liburan, kita perlu membuat daftar tempat-tempat yang dapat dikunjungi. Dari daftar tersebut, kita dapat menyesuaikan biaya perjalanan dengan jumlah uang yang dimiliki. Biaya tersebut termasuk tiket perjalanan, makan dan cost of living. Untuk membuat perjalanan lebih ekonomis, kita juga dapat menghubungi kerabat yang tinggal di daerah tujuan. Kita mungkin dapat memperoleh tumpangan penginapan.

Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah pemilihan waktu perjalanan. Ini berkaitan dengan jadwal pembelian tiket perjalanan khususnya ketika memilih bepergian dengan pesawat. Perhatikan momen liburan yang dapat membuat tiket habis tersedia.

Karenanya, kita dapat melakukan pembelian beberapa bulan sebelumnya. Harga yang didapatkan pun lebih terjangkau. Kita dapat menandai kalender waktu yang tepat untuk membelinya. Ataupun kita dapat membuat airfare alert untuk mendapatkan notifikasi jika terdapat penawaran tiket pesawat yang murah.

Yang perlu diperhatikan adalah melakukan liburan di saat terdapat perayaan atau hari libur nasional. Ini berkaitan dengan ketersediaan hotel yang bisa saja overbooked, restoran yang tutup hingga padatnya jalan. Jika sudah begini, maka biaya liburan dapat bertambah. Makanya penting untuk membuat daftar perencanaan dengan disertai berbagai informasi yang bisa diperoleh dari internet. Apalagi, sekarang ini banyak situs travel yang menawarkan berbagai macam promo untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

(NYTimes)