Find Us On Social Media :

Perencana Keuangan: 3 Cara Memilih Perencana Keuangan yang Profesional

By Ade Sulaeman, Kamis, 14 Januari 2016 | 09:30 WIB

Perencana Keuangan: 3 Cara Memilih Perencana Keuangan yang Profesional

Intisari-Online.com - Sebelum menggunakan jasa perencana keuangan, ada baiknya Anda tahu cara memilih perencana keuangan yang memang profesional. Ada beberapa kriteria perencana keuangan yang bisa Anda pilih. Pertama, perencana keuangan yang profesional biasanya memiliki sertifikat.

Freddy, yang juga Ketua Independent Financial Planners Club (IFPC), menceritakan, setidaknya ada 3 lembaga yang memberikan sertifikasi profesi perencana keuangan di Indonesia. Ketiga lembaga tersebut adalah Financial Planning Standards Board (FPSB), International Association of Registered Financial Consultants (IARFC), dan Certified Wealth Managers Association (CWMA).

Cirinya, sertifikasi yang dikeluarkan oleh FPSB akan memiliki gelar RFP (registered financial planners) dan CFP (certified financial planners) di belakang nama seseorang. Kemudian IARFC mengeluarkan gelar RFA (registered financial associate) dan registered financial consultant (RFC).

Lalu, lembaga CWMA akan mengeluarkan gelar Aff.WM (affiliate wealth manager), AWM (associate wealth manager), QWM (qualified wealth manager), dan CWM (certified wealth manager).

Kedua, Anda juga perlu melihat jam terbang dari perencana keuangan yang akan Anda pakai. Mirip seperti profesi jasa lainnya, biasanya yang mempunyai jam terbang lebih tinggi akan lebih andal.

Ketiga, Anda juga perlu mencari tahu track record dari perencana keuangan yang akan digunakan. Anda bisa menanyakan lembaga profesi jasa perencana keuangan mengenai profil dari perencana keuangan akan anda pakai.

(kontan.co.id)