Find Us On Social Media :

Ilmuwan: Stres karena Masalah Keuangan Bisa Menyebabkan Sakit Fisik

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 24 Februari 2016 | 15:40 WIB

Ilmuwan: Stres karena Masalah Keuangan Bisa Menyebabkan Sakit Fisik

Intisari-Online.com - Bukan rahasia lagi, stres karena masalah keuangan, termasuk utang bisa menyebabkan stres keuangan. Nah, baru-baru ini para ilmuwan menyebutkan bahwa stres keuangan, pada akhirnya, juga bisa menyebabkan sakit fisik.

Dengan kata lain, masalah keuangan, secara harfiah, telah menyakiti kita.

Asal-usul ide muncul ketika para peneliti melihat bahwa pada saat isu keamanan uang semakin meningkat, orang-orang tampak mengeluh kesakita. Ketika itu juga mereka berhipotesis, mungkin ada hubungan antara masalah keuangan dan sakit fisik.(Baca juga: Sumber-sumber utang yang tak pernah terpikirkan

Untuk menguji itu, sebuah tim dari University of Virginia melakukan enam kali percobaan yang berbeda. Melalui percobaan ini para ilmuwan ini mencoba membandingkan keamanan ekonomi dengan uang yang dibelanjakan untuk menghilangkan rasa sakit.

Para peneliti kemudian menemukan, penganggungaran menghabiskan 20% lebih banyak dari mereka yang keuangannya aman. Studi lain yang mendapatkan 178 individu dengan ekonomi aman berpikir untuk kembali masa sulit dan menemukan salah satu dari stabilitas keuangan.(Baca juga: Beberapa alasan yang membuat kita tetap terlilit utang

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa setiap individu melaporkan tingkat rasa sakit selama periode keuangan yang kurang stabil. “Secara umum, temuan kami menunjukkan bahwa secara fisik sakit ekonomi tidak aman,” ujar Eileen Chou, pemimpin penelitian.