Find Us On Social Media :

Berutang tanpa Harus Merana: Sesuaikan dengan Aset yang Dimiliki

By Arnaldi Nasrum, Selasa, 15 Maret 2016 | 14:00 WIB

Berutang tanpa Harus Merana: Sesuaikan dengan Aset yang Dimiliki

Intisari-Online.com - Uang memang dapat menyelesaikan berbagai masalah terutama soal pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sehingga sering kali berutang dalam jangka waktu yang panjang dianggap sebagai hal yang masuk akal. Perlu diingat, uang juga dapat menyebabkan masalah besar, terutama jika sumbernya berasal dari utang yang sudah tidak dapat dikendalikan. Nah, kalau begitu, bagaimana acara meminjam uang dengan baik? Yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan dengan aset yang dimiliki.(Baca juga: Menjadi kaya dari utang, syaratnya....

Sangat penting untuk membayar dengan harga yang tepat untuk apa pun yang kita beli. Kita perlu melihat pendapatan dan pengeluaran rutin yang dimiliki dan mencari tahu berapa banyak yang dapat disisihkan untuk membayar pinjaman.

Jika pembayaran tersebut akan menjadi beban, maka akan lebih baik untuk memilih sesuatu yang lebih murah dan membuat kita tidak kerepotan untuk membayar pinjaman secara rutin.(Baca juga: Inilah alasan kenapa kita terus terlilit utang

Untuk mengetahui berapa banyak yang kita perlukan untuk membayar utang, kita dapat melakukannya dengan perhitungan sendiri atau menggunakan kalkulator online. Kita dapat menggunakan perhitungan pinjaman dasar atau menggunakan kalkulator untuk pinjaman dengan tingkat bunga tetap.

Kita juga perlu memikirkan kemungkinan kebutuhan di masa yang akan datang. Kita mungkin akan meminjam uang lagi suatu hari nanti untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Jangan sampai pembayaran yang kita lakukan hari ini akan membuat kita terjebak dan tidak dapat memenuhi kebutuhan yang lebih penting untuk hari esok.