Find Us On Social Media :

10 Makanan untuk Kuku dan Rambut Kuat (1)

By Lila Nathania, Senin, 20 Oktober 2014 | 13:00 WIB

10 Makanan untuk Kuku dan Rambut Kuat (1)

Intisari-Online.com - Kuku dan rambut sama-sama terbuat dari keratin. Oleh karenanya kedua anggota tubuh kita tersebut membutuhkan nutrisi yang sama untuk tumbuh sehat. Berikut 10 makanan untuk kuku dan rambut kuat.

1. Protein

Tubuh membutuhkan protein untuk memproduksi keratin. Jika tidak mendapatkan cukup protein, rambut akan masuk dalam fase istirahat. Fase ini sangat tidak baik karena akan menyebabkan rambut rontok.

2. Daging Merah

Daging steak kaya protein dan zat besi. Sejak dulu orang yang kekurangan zat besi selalu memiliki rambut tipis. Zat besi juga dapat membuat kuku Anda terhindar dari penyakit koilonychia (kuku berbentuk seperti sendok). Meski begitu, para dokter tidak menyarankan kita untuk mengonsumsi daging merah lebih sering dari sekali seminggu karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi.

3. Blueberry

Antioksidan dalam buah blueberry akan melindungi sel-sel tubuh dari paparan zat radikal bebas. Kerusakan dari zat radikal bebas meningkatkan hormon penyebab stress dan radang sehingg berdampak buruk pada kulit dan rambut. Blueberry sendiri adalah salah satu buah yang kandungan antioksidannya paling tinggi.

4. Almond

Almond merupakan sumber protein dan magnesium yang baik untuk rambut. Magnesium adalah mineral anti stress alami yang paling ampuh menangkal kerontokan rambut. Selain dari almond, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari sayuran hijau dan kedelai.

5. Bir

Meski terdengar aneh, bir juga bisa membuat kuku dan rambut Anda lebih kuat. Dalam bir terkandung mineral silikon yang bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hasilnya, rambut Anda akan tumbuh dengan lebih cepat. Segelas bir per hari sudah cukup untuk mendapatkan efek tersebut.

Itulah lima Makanan untuk Kuku dan Rambut Kuat. Baca artikel lain untuk mengetahui lima makanan yang juga bisa mempercantik kuku dan rambut Anda (FoxNews).