Find Us On Social Media :

10 Makanan untuk Kuku dan Rambut Kuat (2)

By Lila Nathania, Senin, 20 Oktober 2014 | 14:00 WIB

10 Makanan untuk Kuku dan Rambut Kuat (2)

Intisari-Online.com - Kuku dan rambut sama-sama terbuat dari keratin. Oleh karenanya kedua anggota tubuh kita tersebut membutuhkan nutrisi yang sama untuk tumbuh sehat. Berikut 10 makanan untuk kuku dan rambut kuat.

6. Kerang

Kadar zink dalam kerang sangat tinggi dan bermanfaat bagi kita. Zink akan diolah tubuh untuk menjadi protein yang menyusun rambut dan kuku. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi kerang, gantikan dengan konsumsi daging sapi, unggas, atau kacang.

7. Susu

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ada kaitan antara vitamin D dengan kerontokan rambut. Kita juga membutuhkan kalsium agar tubuh bisa menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat. Vitamin D sendiri juga memiliki peran sebagai agen yang membantu tubuh menyerap kalsium.

8. Telur

Telur tak hanya kaya protein dan vitamin D tetapi juga mengandung biotin. Biotin adalah vitamin B kompleks yang memiliki peran dalam pembentukan keratin. Orang yang kekurangan biotin sendiri seringkali memiliki kuku dan rambut yang rapuh.

9. Salmon

Biotin, protein, dan asam lemak omega 3 terdapat dalam daging salmon. Manfaat dari ketiga zat itu adalah mengurangi peradangan dan melembabkan kulit. Kulit kepala pun ikut mengambil manfaat dari zat-zat tersebut. Jadi akhirnya rambut pun tumbuh dengan sehat.

10. Kacang Brazil

Satu hingga dua butir kacang brazil saja sudah bisa memenuhi kebutuhan selenium kita dalam sehari. Selenium adalah zat yang bisa melindungi kita dari stress. Mereka yang kekurangan selenium biasanya memiliki rambut tipis dan jarang.

Itulah lima Makanan untuk Kuku dan Rambut Kuat. Baca artikel lain untuk mengetahui lima makanan yang juga bisa mempercantik kuku dan rambut Anda (FoxNews).