Find Us On Social Media :

Olive Oil Lebih Baik Dibandingkan Minyak Biji-bijian untuk Menggoreng

By Lila Nathania, Minggu, 26 Oktober 2014 | 06:00 WIB

Olive Oil Lebih Baik Dibandingkan Minyak Biji-bijian untuk Menggoreng

Intisari-Online.com - Hampir semua orang di dunia ini menyukai makanan yang digoreng. Akan tetapi sudah tahukah Anda bahwa olive oil lebih baik dibandingkan minyak biji-bijian untuk menggoreng?

Tidak semua minyak goreng diciptakan sama. Ada minyak yang tahan hingga suhu tinggi dan ada yang tidak. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa olive oil merupakan jenis minyak yang paling stabil dalam temperatur tinggi sehingga lebih sehat apabila digunakan untuk menggoreng.

Riset yang dilakukan oleh Universitas Sfax, Tunisia, tersebut membandingkan penggunaan olive oil, minyak bunga matahari, minyak jagung, dan minyak kacang kedelai. Berdasarkan hasil penelitian mereka ditemukan bahwa setiap minyak memiliki karakter yang berbeda ketika dipanaskan.

Saat menerima panas, minyak memproduksi senyawa baru yang terkadang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya tim peneliti yang dipimpin oleh Akrab Zribi tersebut berusaha mencari minyak mana yang paling stabil ketika digunakan berulang kali dalam temperatur tinggi.

Mereka menggoreng kentang dengan tiga suhu berbeda menggunakan empat jenis minyak. Proses menggoreng ini dilakukan selama sepuluh menir.

Hasil menunjukkan bahwa olive oil lebih baik dibandingkan minyak biji-bijian untuk menggoreng. Olive oil adalah jenis minyak yang paling stabil ketika digunakan dalam suhu yang tinggi. Minyak yang paling tidak tahan panas sendiri adalah minyak bunga matahari.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut para peneliti menyarankan kita untuk menggunakan olive oil bila ingin menggoreng makanan dalam suhu tinggi. Olive oil adalah jenis minyak yang tetap bisa menjaga kualitas dan nutrisinya meski dipanaskan dan digunakan berkali-kali (MedicalNewsToday).