Find Us On Social Media :

Konsumsi Sedikit Alkohol untuk Memori yang Lebih Baik

By Lila Nathania, Senin, 27 Oktober 2014 | 06:00 WIB

Konsumsi Sedikit Alkohol untuk Memori yang Lebih Baik

Intisari-Online.com - Kecanduan pada alkohol tentu bukan merupakan hal yang baik. Akan tetapi sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi sedikit alkohol dapat membuat memori lebih baik.

Para peneliti dari sejumlah universitas di Amerika Serikat telah menemukan bahwa mengonsumsi sedikit alkohol dapat meningkatkan memori. Akan tetapi hal ini hanya berlaku untuk para lansia di atas 60 tahun.

Riset yang diketuai oleh Brian Downer ini menggunakan data dari 660 pasien. Para pasien yang ikut dalam riset ini tidak memiliki penyakit demensia dan tidak memiliki sejarah ketergantungan pada alkohol.

Berdasarkan kuesioner yang mereka isi, para peneliti menemukan bahwa  konsumsi sedikit alkohol dapat membuat memori lebih baik. Mereka yang minum alkohol dalam jumlah sedikit atau sedang dapat mengingat berbagai hal dan memiliki hippocampus lebih besar. hippocampus sendiri merupakan bagian otak yang penting untuk menyimpan memori.

Lebih jauh lagi, para peneliti juga menemukan bahwa tes konsumsi alkohol pada hewan dapat membuat hippocampus mereka lebih terlindungi. Alkohol dikatakan dapat meningkatkan sebuah zat kimia tertentu pada otak. Zat ini berperan dalam fungsi kognitif dan pengolahan informasi.

Meski konsumsi sedikit alkohol dapat membuat memori lebih baik, para peneliti tetap menyarankan kita untuk berhati-hati. Konsumsi alkohol dalam jangka panjang dan dengan kadar berlebih akan merusak otak (MedicalNewsToday).