Find Us On Social Media :

Lima Tips Memasak Oats

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 22 November 2014 | 07:00 WIB

Lima Tips Memasak Oats

Intisari-online.com - Oats (Avena sativa L.) sudah dikenal sejak jama Yunani Kuno. Tanaman ini termasuk jenis tanaman padi-padian. Konon, tanaman ini berasal dari daratan Asia, tapi ironisnya justru bangsa Eropa yang lebih dulu membudidayakan dan mengolahnya untuk makanan pokok sehari-hari.sebagai bahan pangan, oats menyediakan berbagai nutrisi dan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Mungkin kita kerap bingung ingin membuat variasi dalam memasak oats. Berikut ini adalah tips memasak oats menurut buku Yuuk… Makan Oats Agar Lebih Sehat, karya Fajar Ayuningsih.

1. Oats sangat luwes diolah menjadi beragam masakan, mulai dari roti, mufin, kue kering, cake, aneka minuman atau jus, granola, sebagai bahan isian, hingga campuran hidangan daging.

2. Campurkan oats sebagai bahan pengental untuk sup sayuran, bubur, atau kaserol.

3. Karena kandungan gluten yang sangat rendah, untuk membuat adonan roti mengembang baik, campurkan tepung oats dan sedikit tepung terigu.

4. Gunakan tepung oats sebagai pengganti seluruhnya atau sebagian dari tepung terigu, tepung ketan, tepung beras. Cara paling mudah membuat tepung oats sendiri ialah haluskan oats dengan alat blender yang khusus dipakai untuk menghancukan bahan kering (grinder).

5. Jika Anda ingin memasak lebih sehat lagi, gunakan bahan pangan yang rendah lemak, seperti susu rendah lemak, mentega rendah lemak, juga beberapa jenis minyak sehat (minyak zaitun/olive oil, minyak kanola, minyak bekatul beras/rice bran oil).

Nah, itu tadi tips memasak oats. Semoga bermanfaat.