Find Us On Social Media :

Enam Manfaat Oats untuk Anak

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 22 November 2014 | 06:00 WIB

Enam Manfaat Oats untuk Anak

Intisari-Online.com - Kita semua tahu, oats menyediakan berbagai nutrisi dan zat penting yang dibutuhkan tubuh, terutama anak. Oats juga mengandung tiga komponen antioksidan alami yaitu, trikotrienol, asam ferulat, dan asam kafeat yang bertugas untuk menjaga stamina dan melindungi sel-sel tubuh dari sebuan radikan bebas. Tidak hanya itu, berikut ini adalah enam manfaat oats untuk anak menurut buku Yuuk… Makan Oats Agar Lebih Sehat karya Fajar Ayuningsih.

1. Oats terbukti bekerja sebagai zat antidepresan. Dengan mengonsumsi oats, akan membuat anak merasa tenang, mampu mengatasi depresi, dan lebih mudah berkonsentrasi.

2. Citarasa oats yang gurih dapat dimanfaatkan sebagai pengganti kacang-kacangan dalam resep kue kering, cake, bahkan saus kacang. Cocok diolah menjadi beragam sajian kesukaan anak, baik yang bercitarasa manis maupun gurih.

3. Sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak penderita diabetes karena oats memiliki kadar glikemik indeks yang rendah dan dapat mengontrol tingkat insulin dalam darah. Glikemiks indeks adalah laju perubahan makanan yang diubah menjadi gula dalam tubuh.

4. Ideal dikonsumsi oleh anak-anak yang mengalami obesitas. Sebab, oats kaya serat sehingga mampu menahan rasa kenyang lebih lama. Keinginan untuk ngemil dan jajan pun dapat diredam.

5. Sebuah studi yang dilakukan oleh Tufts University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa pada kelompok anak berusia 9-11 tahun secara rutin sarapan dengan sajian dari oats, terbukti 68% dari mereka memiliki daya ingat lebih baik dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan. Studi ini juga membuktikan bahwa 57% dari kelompok ini memiliki performa lebih baik di kelas.

6. Kandungan seratnya membantu mengatasi ganguan sembelit.

Nah, itu tadi enam manfaat oats untuk anak. Semoga bermanfaat.