Find Us On Social Media :

Ternyata Sup Ampuh Turunkan Berat Badan

By Ade Sulaeman, Minggu, 15 Februari 2015 | 06:00 WIB

Ternyata Sup Ampuh Turunkan Berat Badan

Intisari-Online.com - Selain merupakan menu yang sehat, sup ampuh menurunkan berat badan. Demikian menurut Nicole Pisani, kepala chef di Yotam Ottolenghi NOPI di pusat kota London, dan Kate Adams, penerbit buku kesehatan di Penguin Books, dalam buku mereka yang berjudul The Magic Soup Diet.

Kate, yang juga meluncurkan situs The Flat Tummy Club, adalah yang pertama muncul dengan ide konsumsi sup ini. Dari pengalamannya mengolah menu sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks, ia juga berhasil menurunkan berat badan. Ketika ia menyampaikan ini pada Nicole, kedua perempuan ini merasa perlu menuangkannya lewat sebuah buku.

Lalu, benarkah sup efektif untuk menurunkan berat badan?

Diet yang mengharuskan Anda menahan lapar, atau mengonsumsi makanan yang tidak mengandalkan rasa sudah tidak jaman lagi. Lebih baik, Anda mencoba menu makanan seperti sup.

Nicole dan Kate menambahkan protein berupa ayam, salmon, dan atau yoghurt alami. Kacang-kacangan bisa jadi tambahan juga, di samping biji-bijian dan mi. Nicole menganjurkan, sesekali cobalah tutup mata dan bayangkan apa yang Anda butuhkan untuk dikonsumsi, dan taruh semuanya dalam semangkuk sup.

Kenapa sup bisa berfungsi menurunkan berat badan? Karena semangkuk sup mengisi ruang banyak di dalam perut sehingga membuat nafsu makan tidak lagi liar dibandingkan jika mengonsumsi salad. Sup juga membuat cepat kenyang dibandingkan makanan kering.

Bicara soal kalori, bahkan satu mangkok sup besar pun tidak akan bernilai lebih dari 300 kalori, jadi Anda tidak perlu khawatir. Konsumsi sup membuat tubuh merasa lebih sehat, dan rasa kenyang membuat kita dapat membatasi apa yang akan dimakan selanjutnya.

Sup menurut kedua perempuan ini adalah makanan yang kaya nutrisi. Basisnya adalah sayuran yang kaya akan serat. Sementara sup dengan biji-bjian seperti barley dan atau beras hitam juga mengandung serat yang sangat membantu proses pencernaan.

Sup juga rendah lemak. Sangat mudah menambahkan protein berkualitas dalam sup seperti ayam, salmon, atau tahu. Begitu juga jika ingin menambahkan karbohidrat baik seperti oats dan sayuran hijau.

Kate Adams mengaku berhasil menghilangkan 3 kg berat badannya dalam tujuh hari berkat mengonsumsi sup. Pengalaman diet sup dan berhenti mengonsumsi makanan yang tidak sehat yang dijalaninya selama ini diyakini akan memberikan inspirasi bagi pembaca.

Bagaimanapun, kata dia, sup efektif untuk menurunkan berat badan . Yang lebih penting, sup bisa jadi pilihan untuk sehat sepanjang hidup.

(Rahman Indra/tabloidnova.com)