Find Us On Social Media :

Telur Mentah dan Tetap Hidup Sendiri, Rahasia Umur Panjang Emma Morano, Wanita Paling Tua di Eropa

By Ade Sulaeman, Jumat, 20 Februari 2015 | 14:00 WIB

Telur Mentah dan Tetap Hidup Sendiri, Rahasia Umur Panjang Emma Morano, Wanita Paling Tua di Eropa

Intisari-Online.com - Apakah banyak makan sayur atau hidup dengan positif merupakan rahasia umur panjang? Ternyata belum tentu. Lihat saja bagai mana telur mentah dan tetap hidup sendirilah yang menjadi rahasia umur panjang Emma Morano, wanita 115 tahun yang menjadi orang paling tua di Eropa yang masih hidup.

"Jika kau berbicara dengan para orang-orang yang berusia lebih dari 100 tahun, Anda akan mendapatkan 100 cerita yang berbeda," Valter Longo D., direktur Longevity Institute di University of Southern California, mengatakan kepada New York Times.

Emma telah menyeruput tiga telur mentah setiap hari sejak dia masih remaja, dan dokter bilang itu cara yang bagus untuk menangkal anemia.

Lewat ribuan telur yang dikonsumsinya, hingga kini, Morano masih optimis dan tinggal sendirian di sebuah apartemen dua kamar di Verbania, Italia.

Pilihanny untuk hidup sendiri merupakan faktor lain yang dia percaya membantunya melewati usia dengan angka tiga digit. Setelah mengakhiri pernikahan tidak memuaskan pada tahun 1938, Morano tetap hidup sendiri.

"Aku tidak ingin didominasi oleh siapa pun," kata Emma Morano, wanita paling tua di Eropa, kepada Times.

Lahir pada 1899, Morano telah memiliki serangkaian pelamar selama bertahun-tahun, dan dia menerima kunjungan rutin dari keponakannya, yang juga pengasuh utamanya, serta tetangga.

Salah satu bagian favorit wanita ini tentang “keberhasilannya” mencapai usia mengesankan ini adalah saat berbagi cerita dengan banyak orang yang penasaran ingin mempelajari lebih lanjut mengenai umur panjangnya.

Dan setelah dirinya selamat dalam dua perang dunia, naik turunnya Italia, dan peristiwa kehidupan yang tak terhitung jumlahnya, Morano memiliki banyak hal untuk diceritakan.

Pada hari biasa tanpa tamu, Morano makan telur mentah, daging giling, pasta dan pisang yang disiapkan oleh keponakannya, sambil melewati waktu menatap kenang-kenangan yang mengisi rumah kecilnya selama satu abad.

Morano menolak untuk melangkah keluar dari tempat tinggal, bahkan untuk berkunjung ke dokter, membuat Dr Carlo Bava harus siap dipangil ke rumah bila diperlukan. Sang dokter bercerita bahwa selain dari sakit dan nyeri terhitung sedikit, wanita 115 tahun ini sepenuhnya dalam kondisi sehat.

"Dia sadar akan hak hidup," kata Dr Bava terkait rahasia umur panjang Emma Morano, wanita paling tua di Eropa. (people.com)