Find Us On Social Media :

Sejarah Penyebaran Islam Sebelum Era Wali Songo, Dikuasai 4 Keluarga Ini

By Mentari DP, Jumat, 24 Februari 2023 | 19:30 WIB

Sejarah penyebaran Islam sebelum era Wali Songo.

Intisari-Online.com - Dalam buku berjudul 'The Golden Kersonese: Studies in the Historical Geography of The Malay Peninsula Before A.D. 1500', karya P. Wheatley, Islam masuk ke Indonesia pada pertengahan abad ke-7.

Dan kata buku tersebut, yang paling awal menyebarkan ajaran Islam ke tanah Jawa adalah para pedagang Arab.

Mereka masuk ke Nusantara melalui jalur perdagangan, jauh sebelum Islam.

Pada abad ke-7 di masa kekuasaan Ratu Simha di kerajaan Kalingga yang terkenal keras dalam penegakan hukum, datangnya para pedagang Arab diberitakan cukup banyak oleh sumber-sumber dari Dinasti Tang di China.

Dalam Islam Comes to Malaysia, S.Q. Fatimi menuliskan bahwa pada abad ke-10 Masehi telah terjadi migrasi keluarga yang berasal dari bangsa Persia.

Dan di antara migrasi keluarga-keluarga tersebut yang terbesar adalah sebagai berikut:

1. Keluarga Lor

Ini adalah keluarga yang datang ke Nusantara pada zaman Raja Nashirudin bin Badr yang memegang pemerintahan di wilayah Lor, Persia pada tahun 300 H/912 M.

Keluarga Lor ini tinggal di Jawa dan mendirikan sebuah perkampungan dengan nama Loran atau Leran, yang artinya adalah tempat tinggal orang Lor.

2. Keluarga Jawani

Keluarga Jawani adalah keluarga yang datang pada zaman Jawani al-Kurdi yang memerintah Iran pada kurun waktu tahun 301 H/913 M. Keluarga ini menetap di Pasai, Sumatera Utara.

Baca Juga: Jadi Ikon Penyebaran Islam di Indonesia, Ini 2 Pola Dakwah Wali Songo