Find Us On Social Media :

Bawang Putih, dari Mengatasi Pilek Sampai Mengusir Nyamuk

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 27 Februari 2015 | 08:00 WIB

Bawang Putih, dari Mengatasi Pilek Sampai Mengusir Nyamuk

Intisari-Online.com - Bawang putih dicampur makanan, sudah biasa. Tapi bagaimana jika bawang putih digunakan untuk keperluan lainnya. Usut punya usut, tak sedikit yang menggunakan bawang putih untuk kesehatan, misalnya. Atau, ada pula yang menggunakannya untuk mengusir nyamuk. Fungsi bawang putih, dari mengatasi pilek sampai mengusir nyamuk.

Selain itu, apa saja manfaat bawang putih?

Menumbuhkan rambut

Bawang putih bisa mengatasi masalah kerontokan rambut karena mengandung banyak allicin.  Allicin merupakan senyawa yang juga ditemukan di bawang bombay, yang efektif merawat rambut rontok. Gosok potongan bawang putih di kulit kepala, lebih baik lagi jika sambil di pijat. Kita juga bisa menambahkan minyak pada bawang putih untuk memijat nya di kulit kepala.

Membersihkan jerawat

Mungkin ini bukan bahan utama dalam obat jerawat yang dijual bebas, namun bawang putih dapat menjadi obat alami yang bagus untuk membersihkan jerawat yang tidak diinginkan. Kandungan antioksidannya membunuh bakteri, jadi usap potongan bawang putih pada jerawat untuk pengobatan topikal yang efektif.

Mencegah dan mengobati pilek

Makanan yang dibumbui dengan bawang putih bukan hanya lezat tapi juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jika pilek mulai menyerang, coba minum teh bawang putih. Cara membuatnya, cincang bawang putih lalu rendam dalam air panas beberapa menit, kemudian saring dan minum. Kita bisa menambahkan madu atau jahe untuk meningkatkan rasanya.

Mengatasi psoriasis

Dikenal sebagai bahan antiperadangan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan psoriasis (penyakit kulit akibat gangguan sistem imun) yang membuat kita tidak nyaman. Coba gosok sedikit minyak bawang putih di bagian yang terdapat psoriasis, untuk menghaluskan dan menghilangkan rasa gatal pada kulit.

Menjaga berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan, tikus yang memakan asupan kaya bawang putih mengalami penurunan berat badan dan lemak mereka. Masaklah makanan dengan bawang putih untuk rasa yang lebih enak dan ramah pinggang.