Find Us On Social Media :

Diet Vegetarian Bisa Mengurangi Resiko Sakit Jantung

By Lintang Bestari, Jumat, 6 Maret 2015 | 18:30 WIB

Diet Vegetarian Bisa Mengurangi Resiko Sakit Jantung

Intisari-Online.com - Menjadi seorang vegetarian bisa mengurangi resiko sakit jantung hingga 20 persen.

Para peneliti menemukan fakta ini setelah menganalisa gaya hidup dan kebiasaan makan 450.000 orang selama lebih dari satu dekade. Mereka yang mengkonsumsi 70 persen sayur-sayuran memiliki resiko lebih sedikit terkena penyakit jantung.

Pemimpin Penelitian dari Imperial College London’s School of Public Health, Dr. Camille Lassale, mengatakan lebih baik jika kita mengganti makanan dengan sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Daripada diet mati-matian menghindari makanan yang berasal dari hewan, mengganti sedikit porsi daging pada makanan kita dengan sayuran atau buah-buahan merupakan cara yang lebih simpel. Lebih berguna bagi ketahanan jantung,” jelas Camille.   

Diet vegetarian memang bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Namun, menurut para peneliti, kita juga tetap harus mempertimbangkan faktor lain seperti umur, kebiasaan merokok, dan obesitas.

Pembatasan minum kopi juga diperlukan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Heart mengatakan, seseorang yang minum kopi tiga hingga lima gelas dalam sehari memiliki jumlah kalsium yang lebih sedikit pada pembuluh darah. Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah yang berakibat serangan jantung dan stroke.

Nah, melihat fakta bahwa diet vegetarian bisa mengurangi resiko penyakit jantung, apakah Anda tertarik beralih ke diet ini? (mirror.co.uk)