Find Us On Social Media :

Tips Membuat Kopi yang Lebih Baik

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 28 Maret 2015 | 10:00 WIB

Tips Membuat Kopi yang Lebih Baik

Intisari-Online.com - Sebagian besar dari kita menyukai kopi. Tak jarang kita pergi ke toko kopi untuk menikmatinya atau sekadar membeli kopi sachet. Nyatanya, kopi yang baik berasal dari biji kopi yang segar dan berkualitas tinggi. Mungkin kita bisa coba membuat kopi yang lebih baik dengan sendiri.

Kita dapat membeli biji kopi yang bermacam-macam dan membuat secangkir kopi sendiri di rumah. Namun, sayangnya biji kopi yang baik sulit ditemukan apalagi jika kita mencarinya di toko atau supermarket karena tak jarang biji kopi yang dijual sudah basi atau berkualitas rendah. Dengan begitu, kita harus pandai-pandai dan mengenali jenis kopi yang kita sukai. Lebih baik jika kita berburu biji kopi pada ahlinya atau roaster berkualitas tinggi.

Menggiling sendiri biji kopi kemudian menyeduhnya akan terasa lebih nikmat dan segar jika segera diminum karena bubuk kopi dengan cepat mengoksidasi serta cepat akan menghilangkan rasanya. Tidak hanya itu, membeli biji kopi dalam jumlah yang sedikit akan lebih bermanfaat karena biji kopi yang mencapai puncaknya dalam waktu sekitar 10 hari dari pemanggangan. Sehingga, jika kita membeli dalam jumlah yang sedikit atau kecil secara berkala berarti kita akan selalu memiliki biji kopi segar.

Selanjutnya, simpanlah biji kopi pada tempat yang rapat atau kedap udara. Kita bisa menyimpannya di dalam plastik dan mengikatnya dengan kuat atau menggunakan segel zip. Selain plastik, bisa menggunakan tabung kedap udara yang tertutup. Kemudian, simpan mereka di tempat yang sejuk, gelap, namun tidak di dalam lemari es. Nah, itulah cara agar dapat membuat kopi menjadi lebih baik dan nikmat.