Find Us On Social Media :

Manfaat Lain dari Baking Soda, Salah Satunya Mengupas Telur Rebus

By Monalisa Darwin D, Senin, 30 Maret 2015 | 18:00 WIB

Manfaat Lain dari Baking Soda, Salah Satunya Mengupas Telur Rebus

Intisari-Online.com - Baking soda adalah salah satu bahan yang dibutuhkan dalam dunia kuliner. Namun, apakah kita mengetahui ternyata ada manfaat lain dari baking soda? Berikut lima kegunaan lain dari baking soda di dapur:

1. Mengupas telur rebus

Menurut ilmuwan makanan Harold McGee, salah satu alasan telur rebus sulit dikupas dikarenakan kadar pH yang terkandung. Putih telur mengandung pH yang rendah yang menyebabkan mereka merekat kuat pada kulit telur. Dengan menambahkan sedikit baking soda, akan menimbulkan alkalinitas dan menjadi pH sehingga memudahkan telur untuk dikupas. Namun, perlu berhati-hati karena baking soda dapat membuat telur bau.

2. Membersihkan panggangan

Baking soda dapat membersihkan kotoran dan minyak lebih ampuh dibandingkan dengan sabun. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk jel, kemudian gosok pada penggangan yang kotor. Setelahnya, bilas dengan air bersih. Panggangan pun siap digunakan kembali dalam pesta atau acara selanjutnya!

3. Pengembang kue

Manfaat yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kita. Tentunya baking soda dapat digunakan ke dalam adonan kue yang akan menghasilkan kue lebih mengembang dan terlihat lebih sempurna.

4. Menghilangkan bau tangan

Biasanya tangan kita bau jika kita memegang bawang, salah satu cara untuk meghilangkan baunya adalah dengan menggosok baking soda sebanyak satu sendok makan pada tangan. Kita juga bisa menambahkan sabun jika kita mau. Setelah itu, bilas tangan hingga bersih. Baking soda menetralisir asam dan basa, sehingga bertindak sebagai penghalang antara aroma ofensif dan kita.

5. Bawang coklat

Sebagian dari kita mungkin menyukai bawang berwarna coklat karena rasanya yang lebih baik. Namun, untuk membuat bawang menjadi coklat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Menambahkan seperempat sendok the bakin soda dapat membantu mempercepat proses pencoklatan bawang karena baking soda yang mengandung alkali yang meningkatkan pH bawang.

Nah, itulah beberapa manfaat lain dari baking soda. Jangan lupa untuk mencoba agar mengetahui hasil nyatanya. (tastingtable.com)