Find Us On Social Media :

4 Alasan Kita Harus Belajar Memasak

By Lintang Bestari, Kamis, 2 April 2015 | 18:30 WIB

4 Alasan Kita Harus Belajar Memasak

Intisari-Online.Com - Ketika kita bertanya kepada nutrisionis, Joy McCharty, mengenai diet apa yang tepat untuk tubuh kita, ia pasti selalu menjawab hal yang sama: belajarlah memasak makanan kita sendiri. “Makanan sehat bermula dari dapur sendiri,” ujar Joy, yang juga merupakan pengarang buku Joyous Health: Eat and Live Well Without Dieting. Inilah 4 alasan mengapa kita harus belajar memasak:

* Menentukan pilihan yang lebih baikSayuran yang kita pilih sendiri di supermarket, tentunya jauh lebih baik dari makanan yang sudah diolah di restoran cepat saji. Pilihan sayuran sehat tadi akan mengarahkan kita untuk memasak makanan yang sehat juga di rumah.

Menurut sebuah penelitian pada jurnal Public Health Nutrition, menemukan fakta orang-orang yang memasak makanan di rumah setidaknya enam hari dalam seminggu mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada mereka yang sering makan keluar. “Orang yang memasak makanan sendiri di rumah akan mengonsumsi karbohidrat, gula, dan lemak yang lebih rendah,” kata Julia Wolfson, pemimpin penelitian.

* Tidak menebak-nebakKetika kita makan di sebuah restoran, kita pasti bertanya-tanya: ‘Bahan apa ya yang terkandung dalam makanan ini? Apakah menggunakan bahan makanan yang tidak sehat?’. Memasak sendiri mengurangi ‘permainan tebak-tebakkan’ itu. Juga mengurangi kesempatan kita mengonsumsi makanan yang membuat kita sakit.

* Makan dengan penuh ‘perhatian’Makan dengan penuh perhatian berarti kita menikmati setiap gigitan dan tahu kapan perut kita sudah kenyang. Selain itu, memasak di rumah lalu mengundang teman untuk makan bersama dapat meningkatkan hubungan kita. “Memasak di rumah, membawa kembali kehangatan keluarga. Hal tersebut bisa membantu mengurangi stres,” kata Kimberly Snyder, nutrisionis.

* Dimulai dengan hal simpel“Jika kita bisa membaca, pasti kita bisa memasak,” ujar Joy. Ia mengatakan, memasak sama sekali tidak membutuhkan bakat. Kita bisa belajar dari panduan-panduan yang ada. Mulai dengan hal yang mudah – misalnya membuat smoothie untuk sarapan. “Makanan yang sangat simpel justru yang paling sehat,” tutup Snyder.

Itulah 4 alasan kita harus belajar memasak. Banyak manfaat bagi kesehatan kita! (CNN.com)