Find Us On Social Media :

Benarkah Makan Kangkung Sebabkan Kantuk?

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 11 April 2015 | 08:00 WIB

Benarkah Makan Kangkung Sebabkan Kantuk?

Intisari-Online.com - Kangkung merupakan salah satu sayuran yang digemari orang-orang Indonesia. Tak sedikit pula yang percaya bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk. Beberapa pakar pun telah mengamati Indonesia termasuk Negara yanga secara tradisional menggunakan kangkung untuk meringankan gejala susah tidur. Lalu, benarkah makan kangkung dapat sebabkan kantuk?

Nyatanya, hingga saat ini belum ada uji klinis yang menguji apakah benar jika mengonsumsi kangkung dapat menyebabkan rasa kantuk pada manusia. Tetapi, kandungan di dalam kangkung memang dapat menimbulkan kantuk. Mineral kalium yang terkadung pada kangkung sangat banyak (175 mg dalam satu cup kangkung) dan makanan yang mengandung mineral kalium dapat mengurangi tekanan darah yang kemudian member efek rasa kantuk bagi sebagian orang.

Tidak hanya itu, makanan yang tinggi karbohidrat, apalagi yang indeks glikemik-nya tinggi ternyata dapat menyebabkan rasa kantuk. Menurut penelitian di bidang kronobiologi, kantuk juga muncul pada manusia secara alami pada siang hari, khususnya setelah jam 1 siang.

Sekarang kita sudah mengetahui tentang kebenaran makan kangkung yang dapat menyebabkan kantuk. Nah, apakah Anda tetap akan mengonsumsi kangkung agar dapat tidur? Namun, jika kita mengantuk di siang hari setelah makan siang, baik mengonsumsi kangkung atau tidak, kita sudah tahu penyebabnya. (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)