Find Us On Social Media :

6 Alasan Mentega Bagus untuk Kita

By Lintang Bestari, Rabu, 22 April 2015 | 18:15 WIB

6 Alasan Mentega Bagus untuk Kita

Intisari-Online.com - Ketika membicarakan diet sehat, semua orang setuju bahwa mentega sangat buruk. Sejak 50 tahun yang lalu, mentega mendapat reputasi buruk. Namun, saat ini, produk berbahan dasar susu seperti mentega sudah kaya nutrisi. Inilah 6 alasan mentega bagus untuk kita:

Mengandung vitamin peningkat kekebalan tubuhMengoleskan mentega pada sarapan pagi kita tidak hanya memperbaiki kekebalan tubuh, tapi juga membantu mengurangi sel kanker dan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Satu sendok mentega mengangung 7% dan 2% vitamin A dan D. Karena kedua vitamin tersebut penyerap lemak, mentega bisa membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Menjaga tulang tetap kuatKarena kandungan vitamin K dan D-nya, mentega juga membantu penguatan tulang dan otot-otot tubuh. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, Vitamin K tidak hanya membantu menjaga kepadatan tulang, tapi juga terbukti menurunkan 30% kerapuhan tulang pada wanita yang mengonsumsinya.

Mengurangi resiko diabetesMenurut studi yang dipublikasikan pada American Diabetes Association. natrium butirat yang terdapat pada keju dan mentega dianggap dapat meningkatkan insulin bagi penderita diabetes serta dapat meningkatkan energi.

Melawan kankerAlasan lain mengapa mentega bagus untuk kita adalah karena dapat melawan kanker. Menurut eksperimen yang dilakukan di Roswell Park Cancer Institute, kandungan pada mentega bisa mengurangi kanker kolorektal dan bahkan membantu melawan kanker payudara.

Lebih baik dari margarinKandungan lemak pada margarin ternyata lebih banyak dari mentega. Para peneliti juga menemukan bahwa kandungan lemak pada margarin lebih bisa menyebabkan kematian pada pasien penyakit jantung daripada lemak yang ada pada mentega.Mencegah kerusakan gigiVitamin A, D, K yang ada pada mentega kaya akan kalsium. Jumlah vitamin yang ditemukan pada mentega lebih banyak daripada yang ada di margarin. Dengan begitu, mentega bisa mencegah kerusakan gigi bahkan bisa menutup rongga gigi yang tadinya bolong.

Itulah 6 alasan mengapa mentega bagus untuk kita. Meskipun begitu, mesti diingat bahwa kandungan lemak yang ada pada mentega juga berbahaya untuk tubuh. Jadi, jangan konsumsi mentega secara berlebihan. (huffingtonpost.com)