Find Us On Social Media :

Makanan Manusia yang Tidak Cocok bagi Anjing

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 6 Mei 2015 | 12:00 WIB

Makanan Manusia yang Tidak Cocok bagi Anjing

Intisari-Online.com - Memilih makanan untuk hewan peliharaan terutama anjing memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada anggapan bahwa apa yang bisa kita makan juga baik bagi hewan peliharaan. Tunggu  dulu! Bagi pemilik hewan peliharaan anjing, ada baiknya mengetahui makanan yang cocok bagi hewan kesayangan. Berikut beberapa makanan yang dikonsumsi manusia tapi tidak cocok bagi anjing:

1. Cokelat

Sebagain dari kita sangat menyukai coklat. Tapi untuk anjing, ini sangat tidak dianjurkan. Cokelat mengandung stimulan kafein yang biasanya dikenal dengan methylxanthines. Jika tertelan dalam jumlah yang sangat besar dapat menyebabkan muntah, diare, denyut jantung tidak teratur, kejang bahkan kematian.

2. Anggur

Makanan manusia lainnya yang tidak cocok bagi anjing adalah anggur. Meski terlihat segar, ada baiknya kita menjauhkan buah manis tersebut bagi hewan peliharaan kita. Anggur dapat mengganggu saluran pencernaan anjing. Yang sering terjadi adalah penyakit terhadap ginjal anjing.

3. Bawang

Bawang memang selalu menjadi pelengkap makanan kita. Untuk anjing, sebaiknya jangan. Bawang dapat membuat anjing sangat menderita. Hal ini berpengaruh terhadap kerusakan sel darah merah.

4. Alpukat

Tak ketinggalan alpukat. Berbeda dengan khasiatnya terhadap manusia, buah ini justru berbahaya bagi anjing. Hampir dari seluruh bagiannya harus dihindari dimulai dari daun, buah, biji hingga kulit. Alpukat mengandung racun yang disebut persin yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan gangguan pada perut anjing.

5. Alkohol

Meskipun yang tertelan hanya sedikit, alkohol dapat menyebabkan gangguan yang cukup parah bagi anjing. Akibatnya, anjing bisa saja muntah, kejang bahkan kematian.

Perlu diperhatikan bahwa setiap jenis anjing pasti berbeda. Bisa saja setiap anjing memiliki reaksi yang berbeda ketika mengonsumsi makan tersebut. Jika reaksinya berlebihan, sebaiknya kita mengunjungi klinik hewan. Nah, perlu diingat ya makanan manusia apa saja yang tidak cocok bagi anjing (www.mnn.com)