Find Us On Social Media :

Ekstrak Jamur Bisa Membantu Menyembuhkan Obesitas

By Lintang Bestari, Rabu, 8 Juli 2015 | 15:00 WIB

Ekstrak Jamur Bisa Membantu Menyembuhkan Obesitas

Intisari-Online.com - Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Nature Communications, ekstrak jamur yang biasa digunakan sebagai obat tradisional asal China ternyata bisa membantu menyembuhkan obesitas. Setidaknya, hal tersebut berhasil pada uji coba yang dilakukan pada tikus.

Dalam studi itu, para peneliti menemukan bahwa tikus yang diberikan diet lemak tinggi dengan ekstrak jamur – bernama Ganoderma lucidum atau "Lingzhi" – selama dua bulan ternyata berhasil turun berat badannya dibandingkan tikus yang diberikan diet sama namun tanpa ekstrak jamur.

“Lingzhi memang aman untuk dikonsumsi, dan fakta bahwa komposisinya mirip dengan jamur lain yang biasa kita konsumsi, Lingzhi bisa menjadi strategi aman bagi masyarakat untuk menurunkan berat badan. Jauh lebih mudah dibanding cara lain seperti pembatasan kalori, olahraga rutin dan gaya hidup sehat,” kata wakil pemimpin penelitian, John D. Young dari Chang Gung University di Taiwan.

Meskipun begitu, Dr. Monica Aggarwal, kardiologis dan ahli diet di Mercy Medical Center Baltimore mengatakan, sangat awal untuk menyatakan bahwa jamur bisa bekerja dengan baik di tubuh manusia layaknya ketika diaplikasikan pada tikus. “Menurut saya, ini menarik. Saya rasa ada kemungkinan ekstrak jamur bisa membantu menyembuhkan obesitas. Namun, hanya karena ini berhasil di tikus, belum tentu berhasil juga pada manusia,” katanya.

Para peneliti menemukan bahwa molekul yang mereka isolasi dari jamur mengubah komposisi bakteri usus pada tikus yang diberikan diet lemak tinggi. Setelah mengonsumsi ekstrak jamur, bakteri usus pada tikus tersebut tampak seperti pada tikus-tikus dengan diet normal dan mereka jadi lebih ramping. Di penelitian sebelumnya diketahui bahwa perubahan komposisi bakteri usus sangat berkaitan dengan perkembangan obesitas dan gangguan metabolis lainnya.

Namun, ketika para peneliti di studi terbaru mengambil bakteri usus dari kotoran tikus yang mengonsumsi ektrak jamur lalu mentransplasinya pada tikus obesitas yang belum mengonsumsi ekstrak jamur, mereka menemukan bahwa komposisi pada bakteri itu berubah menjadi manfaat. Meskipun semua orang mencari cara cepat untuk menyembuhkan obesitas dan ekstrak jamur ini tampaknya merupakan jawaban yang tepat, Aggrawal tetap skeptis dan mengatakan tidak ada ‘pil ajaib’ seperti itu di dunia ini. (livescience.com)