Find Us On Social Media :

12 Cara Menjaga Makanan Agar Tahan Lama (1)

By Lintang Bestari, Selasa, 14 Juli 2015 | 16:30 WIB

12 Cara Menjaga Makanan Agar Tahan Lama (1)

Intisari-Online.com - Berdasarkan data terbaru, Amerika Serikat diperkirakan membuang makanan seharga 640 dolar setiap tahunnya. Kita pun terkadang suka membuang makanan apabila dianggap sudah tidak enak atau tidak fresh. Padahal, ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perilaku buang-buang makanan tersebut. Jo Robinson, pengarang buku "Eating on the Wild Side", memberikan 12 cara menjaga makanan agar tahan lama:

Bawang BombayJika ingin bawang bombay tahan lebih dari dua minggu, sebaiknya kita meletakkan bawang bombay di kantong kertas dan menyimpannya di tempat dingin dan gelap. Kurang lebih seperti pada garasi yang tidak panas, setidaknya sedikit di atas suhu beku.

BerryBuah-buahan seperti sroberi atau blueberry disarankan untuk langsung dimakan agar terasa kesegaran dan nutrisinya. Namun, mencuci buah beri dengan campuran cuka dan air (sekitar satu gelas cuka dan tiga gelas air) bisa memperpanjang umur mereka hingga beberapa hari dan tidak cepat busuk.

DagingLetakkan daging di kotak terbawah dalam kulkas. Pastikan juga untuk membungkus daging dengan lapisan yang dobel.

Tanaman HerbalCara menjaga tanaman herbal agar tahan lama, perlakukan mereka seperti saat merawat bunga. Pastikan tanaman herbal tetap kering, pangkas batangnya, lalu letakan dalam segelas air dan tutup bagian atas tanaman herbal dengan kantung atau handuk kertas. Simpan di dalam kulkas.

ApelBuah ini akan bertahan lebih lama jika kita menempatkannya pada bagian terdingin di dalam kulkas dengan kelembaban tertinggi – biasanya berada di kotak paling bawah.

TomatJangan simpan tomat di dalam kulkas! Tomat akan kehilangan rasanya apabila diletakkan di tempat dingin. Hanya pastikan kita akan mengonsumsi secepatnya. (time.com)