Find Us On Social Media :

Lima Makanan yang Sebabkan Keasaman

By Monalisa Darwin D, Minggu, 19 Juli 2015 | 06:00 WIB

Lima Makanan yang Sebabkan Keasaman

Intisari-Online.com - Sering tidak kita sadari bahwa makanan yang kita asup ternyata dapat menyebabkan keasaman yang berbahaya untuk tubuh. Metabolisme setiap orang memang berbeda-beda, namun berikut adalah beberapa makanan yang sering menyebabkan keasaman:

1. Kafein

Menikmati secangkir kopi atau the di awal hari tentunya akan menyenangkan, namun jika Anda meminumnya beberapa gelas dalam satu hari, sebaiknya berhati-hati karena kafein yang terkandung di dalamnya akan membuat keasaman pada tubuh.

2. Soda

Terlalu banyak mengonsumsi soda juga akan berbahaya untuk tubuh kita. Keasaman disebabkan oleh sistem pencernaan yang menghasilkan asam klorida yang berlebih. Jadi, batasi konsumsi soda.

3. Makanan pedas

Makanan pedas akibat dari banyak rempah-rempah, misalnya cabai, paprika, bawang merah, dan lainnya akan menyebabkan meningkatnya kadar asam. Mengontrol kenikmatan lidah dan menjaga agar perut tetap lega dengan tidak mengonsumsi makanan pedas yang berlebihan adalah pilihan yang bijak.

4. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat membuat perut kita terasa seperti terbakar, terlebih ketika perut kosong. Studi menunjukkan, beberapa orang rentan terhadap alkohol dan akan menyebabkan kadar asam klorida meningkat dan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

5. Buah dengan rasa tajam

Salah satu yang membahayakan perut adalah buah dengan rasa yang tajam, misalnya tomat. Buah dengan rasa yang tajam dapat menyebabkan sakit perut karena pembentukan gas yang berlebihan di dalam tubuh.

Mungkin masih ada makanan yang sebabkan keasaman lainnya, namun kita harus lebih cerdas dalam memilih makanan yang dikonsumsi agar tubuh tetap fit. Tidak hanya itu, teratur dalam makan dan gaya hidup yang sehat juga memengaruhi masalah keasaman di dalam tubuh. (magforwomen.com)