Find Us On Social Media :

Apa Saja Asupan yang Meningkatkan Kadar Asam Urat?

By Monalisa Darwin D, Senin, 27 Juli 2015 | 09:00 WIB

Apa Saja Asupan yang Meningkatkan Kadar Asam Urat?

Intisari-Online.com - Orang-orang yang mengalami penyakit asam urat tentunya menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang dihindari adalah tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Namun, apakah benar asupan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat?

Salah satu asupan yang menyebabkan asam urat adalah purin. Kandungan purin yang tinggi biasanya terdapat pada kacang-kacangan dan polong-polongan. Tetapi, menurut sebuah riset di New England Journal of Medicine, mengonsumsi sumber pangan nabati yang dianggap tinggi purin, seperti polong-polongan dan kembang kol, tidak berhubungan dengan risiko meningkatnya kadar asam urat.

Penelitian dalam Annals of the Rheumatic Diseases mengatakan, hal tersebut mungkin dikarenakan kandungan purin di dalam makanan nabati tetap lebih rendah dibandingkan dengan sumber hewani, seperti hati ayam.

Meskipun begitu, bagi Anda yang sudah menderita penyakit asam urat atau sensitif dengan purin, sebaiknya membatasi diri untuk mengonsumsi makanan yang mengandung purin seperti telah disebutkan di atas.

Nah, itu dia asupan yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Tetap jaga pola makan yang sehat, kawan! (Nutrifood Research Center dalam “Buka Fakta 101 Mitos Kesehatan”. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama)